081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Cara Murah Akses Psikolog dan Psikiater saat Banyak Masalah

Cara Murah Akses Psikolog dan Psikiater saat Banyak Masalah

Haidiva.com– Saat ingin curhat masalah tapi tak punya teman, psikolog bisa menjadi salah satu pilihan. Bila membutuhkan terapi dan pengobatan, psikiater adalah pihak yang dituju. Namun, kadang kala kita enggan pergi terapi ke mereka karena biaya yang tak murah.

Untuk mengakses psikolog atau psikiater, pelanggan bisa membutuhkan anggaran lebih dari Rp 500 ribu untuk sekali pertemuan. Hal ini tentu membuat tak semua orang bisa datang untuk kesehatan jiwa. Orang yang membutuhkan terapi jiwa tidak bisa mendapatkannya, dan mereka yang sedang menjalani terapi bisa saja tak cocok dan belanja psikolog lain.

Dikutip dari berbagai sumber, inilah cara murah dan mudah mengakses psikolog saat punya banyak masalah.

Pakai asuransi kesehatan

Jaminan Kesehatan Nasional yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bisa digunakan untuk mengakses psikolog. Pakar kejiwaan ini hampir selalu ada di puskesmas atau fasilitas kesehatan tingkat pertama. Tapi kekurangannya, pasien mesti antri lebih panjang ketika menggunakan layanan BPJS Kesehatan ini.

Baca juga: Ketahui felicide altruistik, gangguan jiwa yang sebabkan ibu bunuh anaknya

Selain itu, Kamu bisa memilih asuransi kesehatan yang mencakup kesehatan jiwa. Jadi cari tahu apakah penyedia layanan kesehatan mental atau perilaku disertakan sebelum mendaftar. Jika Kamu tidak tahan membaca dokumen yang membosankan, hubungi saja mereka untuk menanyakan kebutuhanmu.

Negosiasi tarif

Jika sudah menemui terapis yang kamu suka dan telah menjadi pelanggan, tanyakan pada psikiater apakah bisa tarifnya dikurangi. Alyssa Petersel, pendiri My Wellbeing, layanan berbasis di New York City yang mencocokkan pasien dengan terapis. Ia mengatakan pihaknya sering menegosiasikan harga pelanggan dengan psikiater yang diinginkan.

Ikut komunitas

Jika terapis pilihanmu enggan memberi diskon, cobalah ikut komunitas kesehatan mental. Seringkali, penyedia kesehatan mental mengadakan pertemuan rutin dengan sekelompok orang yang berjuang dengan masalah serupa, seperti kesedihan atau stres, dengan uang yang jauh lebih sedikit daripada biaya pasien tunggal.

Tanyakan kepada psikiater atau psikologmu apakah mereka menyediakan layanan komunitas. Dan, terapi kelompok bukan hanya tentang memotong biaya. Meskipun tidak mendapatkan perhatian penuh, Kamu masih memiliki kesempatan untuk didengar dan mempelajari berbagai mekanisme koping dengan komunitas orang-orang yang dapat memahami apa yang Anda alami.

Baca juga: Cara mengetahui minat dan bakat anak sejak kecil

“Ini bisa sangat menyembuhkan untuk mendengar bahwa Kamu tidak sendirian, dan bahwa orang lain berbagi atau berurusan dengan stres yang sama,” kata psikoterapis Krystal H. Parrish, PhD.

Cari layanan kampus

Banyak perguruan tinggi yang memiliki jurusan psikologi atau spesialis kesehatan jiwa. Biaya mereka bisa jauh lebih murah separuh bahkan seperempat harga dari menggunakan psikolog dan psikiater yang telah tersertifikasi.

Kamu bisa memanfaatkan calon psikolog atau psikiater ini untuk mendapatkan layanan lebih murah. Calon terapis biasanya diawasi oleh mentornya. Mereka bisa sama efektifnya dengan terapis berlisensi dalam hal mengobati kecemasan, depresi, dan banyak lagi, menurut American Psychological Association.

Spread the love

One thought on “Cara Murah Akses Psikolog dan Psikiater saat Banyak Masalah

  1. Cara Hilangkan Stres Tanpa Keluar Banyak Uang
    Oktober 5, 2023 at 9:14 am

    […] baca juga: Cara murah akses psikolog dan psikiater […]

Comments are closed.