081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Cara Memilih Jasa Pinjaman Online, Agar Tak Menyesal

Cara Memilih Jasa Pinjaman Online, Agar Tak Menyesal

Haidiva.com-Kabar korban pinjaman online alias pinjol marak akhir-akhir ini. Tak hanya dikejar-kejar debt collector, mereka juga mengalami ancaman doxing atau penyebarluasan data pribadi. Agar Kamu tak menyesal, perhatikan cara memilih jasa pinjaman online.

Namanya utang, memang sebaiknya dihindari. Tapi kalau keadaan mendesak dan tak ada yang bisa dimintai bantuan, cara mudah memang menggunakan pinjaman online. Dikutip dari Moneykey, berikut cara memilih jasa pinjaman online.

Reputasi

Cara Memilih Jasa Pinjaman Online, Agar Tak Menyesal (istimewa)

Salah satu hal terpenting yang harus Kamu cari ialah seberapa bagus reputasi penyedia jasa pinjaman online. Ada banyak lembaga keuangan yang tidak jujur ​​atau bahkan palsu yang ada di bidang pinjaman online. Jika tidak hati-hati, Kamu bisa terjebak dalam situasi yang merusak.

Kabar baiknya, di Indonesia ada Otoritas Jasa Keuangan yang mengawasi jasa pelayanan keuangan. Pastikan, perusahaan telah terdaftar dan terverifikasi di OJK sebagai penyedia pinjol bukan jasa keuangan lain.

Baca juga: Atur keuangan saat pasangan kehilangan pekerjaan

Memastikan reputasinya bisa dengan melakukan pencarian online sederhana untuk melihat review perusahaan tersebut. Baca apa yang dikatakan pelanggan mereka sebelumnya, pastikan Kamu tidak melihat tanda bahaya atau pola perilaku negatif, dan bandingkan reputasi pesaing yang berbeda.

Kemudahan dan transparansi

Cemas Selama Pandemi, Ini Cara Ibu Atasinya (Istimewa)
Cara Memilih Jasa Pinjaman Online, Agar Tak Menyesal (istimewa)

Salah satu manfaat dari meminjam uang secara online adalah kemudahan proses aplikasi. Kenyamanan untuk bertransaksi secara online berarti Kamu tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga bepergian ke etalase dan mengantre untuk berbicara dengan penyedia jasa.

Tapi seluruh proses melakukan pinjaman seharusnya tidak hanya nyaman. Itu juga harus transparan. Apa arti transparansi dalam konteks ini? Salah satunya, informasi penting seperti tarif dan persyaratan pinjaman online yang mereka tawarkan harus jelas untuk dilihat di situs web mereka.

Selain itu, setelah Kamu akan memulai proses peminjaman, informasi yang relevan dan penting dari pinjaman online harus dijabarkan dengan jelas dalam perjanjian pinjaman. Seharusnya tidak ada biaya tersembunyi, dan tak ada aspek pinjaman atau proses yang membingungkanmu. Kamu dapat dengan mudah menghubungi agen layanan pelanggan untuk membantu.

Baca juga: Mengenal investasi P2P Lending, memberi pinjaman untuk UMKM

Layanan pelanggan yang baik

Terganggu Telemarketer? Cara Menolak dengan Sopan
Cara Memilih Jasa Pinjaman Online, Agar Tak Menyesal (istimewa)

Berbicara tentang layanan pelanggan, komunikasi yang jelas dan konsisten harus menjadi salah satu pilar perusahaan pinjaman online terkemuka. Informasi kontak jasa pinjol harus mudah ditemukan, waktu respons harus cepat. Pastikan mereka harus selalu melakukan yang terbaik untuk membantumu sesuai yang Kamu butuhkan.

Untuk memastikan ini, tak ada salahnya membandingkan pelayanan jasa pinjaman online satu dengan yang lain. Baca juga review dari pelanggan tentang layanan pinjol. Perusahaan mana pun yang tidak tertarik membantu pelanggan mereka harus menjadi salah satu penyedia yang harus dihindari.

Tarif dan syarat ketentuan

COVID-19 Bikin Keuangan Milenial Berantakan, Begini Cara Mengatasinya
Cara Memilih Jasa Pinjaman Online, Agar Tak Menyesal (istimewa)

Cermati tarif dan persyaratan pinjaman online yang ditawarkan lembaga keuangan akan membantu perencana apakah kamu mampu membayar pinjaman atau tidak. Ingatlah bahwa meskipun ditawari pinjaman, Kamu tidak memiliki kewajiban untuk menerimanya. Dan Kamu pasti tidak boleh menerima pinjaman apa pun yang tidak mampu dibayar.

Kamu bisa membandingkan tarif dan persyaratan di setiap jasa pinjaman online. Keuangan yang sehat ialah bila cicilan utang tidak lebih dari 30 persen pendapatan. Pilih penyedia yang sesuai dengan kemampuanmu.

Spread the love