081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Cara Makan Nasi Padang Tanpa Menambah Berat Badan

Cara Makan Nasi Padang Tanpa Menambah Berat Badan

Haidiva.com-Nasi Padang nikmat disantap untuk makanan sehari-hari. Namun kalorinya yang tinggi, membuat orang yang sedang mencegah pertambahan berat badan takut untuk menyantapnya. Jadi, kita perlu mencari cara agar makan nasi Padang tak menambah berat badan.

Dalam seporsi nasi padang biasanya berisi nasi, sayur singkong, aneka kuah bersantan, satu lauk pilihan. Kalori setiap piring berkisar 500-700 kkalori. Apalagi kalau tak cukup satu jenis lauk saja. Padahal, kita hanya membutuhkan 1200-2000 kkalori setiap hari, tergantung kebutuhan.

Nasi separuh porsi

Kurangi porsi nasi saat makan padang (unsplash.com/Pille-Riin Priske)

Setiap satu mangkok nasi putih mengandung 204 kkalori. Belum lagi bila nasi Padang dibungkus bawa pulang, porsinya menjadi dua mangkok. Untuk menyiasatinya, Kamu cukup membeli separuh porsi saat makan di restoran atau seperempatnya saat bawa pulang.

Baca juga: Cara makan mie instan tanpa naik berat badan

Perbanyak sayur dan lalapan

Sayur daun singkong (tribunnews)

Di warung nasi Padang, biasanya menyedikan lalapan berupa rebusan daun singkong dan cacahan mentimun. Kamu bisa memperbanyak lalapan ini agar memberikan rasa kenyang.

Tentu lalapan saja terkadang terasa hambar. Untuk memberi rasa, sebaiknya memilih sambal hijau atau balado dibandingkan aneka kuah bersantan.

Lauk tanpa santan

Dendeng balado (istimewa)

Rendang, gulai tunjang, gulai kepala ikan, memang terasa nikmat saat disantap. Tapi jenis lauk inilah yang menyumbang kalori banyak. Pilihan lain adalah menu yang digoreng seperti telur dadar atau ayam goreng. Kalorinya memang banyak karena melalui proses penggorengan tapi tak setinggi yang bersantan.

Baca juga: Resep nasi Padang ala Chef Dunia Gordon Ramsey

Pilihan lauk yang relatif aman ialah menu bakar. Kamu bisa memilih ayam bakar atau ikan bakar untuk lauk nasi Padang. Untuk ayam bakar, pilih dada dibandingkan bagian lain. Lauk lain yang bisa dipilih adalah dendeng balado.

Minum air putih

Air mineral (istimewa)

Setelah makan nasi Padang, pilih saja air putih. Teh manis hangat di kapau atau warung nasi Padang memang legit tapi juga menambah kalori. Minum air putih dalam jumlah yang cukup membantu metabolisme tubuh dalam menyerap nutrisi dan memperlancar pencernaan.

Cara makan nasi Padang tanpa menambah berat badan ini tentu saja perlu diiringi dengan banyak aktivitas tubuh. Mengonsumsi camilan lain di luar jam makan sebaiknya juga dihindari. Pada dasarnya, mencegah kenaikan berat badan dilakukan dengan memastikan jumlah kalori yang masuk tak lebih besar daripada yang dibutuhkan.

Spread the love