081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Cara Bangkitkan Hormon Bahagia Saat Hadapi PPKM Darurat

Cara Bangkitkan Hormon Bahagia Saat Hadapi PPKM Darurat

Haidiva.com– Pemerintah menetapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat se-Jawa Bali pada tanggal 3-20 Juli 2021. Masyarakat diimbau untuk di rumah saja lewat anjuran bekerja dari rumah dan menghindari kerumunan.

Beraktivitas di rumah saja tentu membuat kita bosan dan ingin keluar. Perasaan tertekan ini sebenarnya bisa diminimalisir dengan membangkitkan horman yang memicu rasa bahagia. Ada empat hormon dopamin, oksitosin, endorfin, dan serotonin.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut cara memunculkan hormon bahagia. Hormon-hormon ini membantu Kamu tetap saat menghadapi PPKM darurat.

Cara membangkitkan hormon dopamin

Olahraga di pagi hari bangkitkan hormon bahagia saat hadapi PPKM darurat

Dikutip dari Alodokter, hormon dopamin merupakan senyawa kimia di otak yang mempengaruhi seluruh tubuh. Dopamin disebut dengan hormon pengendali emosi sehingga membuat suasana hati membaik.

Baca juga: Tips fokus bekerja selama pandemi

Hormon dopamin menyebabkan degup jantung lebih stabil dan membuat pikiran lebih fokus. Kekurangan hormon dopamin membuat perasaan memburuk. Beberapa narkoba bisa memicu hormon ini tetapi sebaiknya tidak dikonsumsi.

Ada beberapa cara untuk membangkitkan hormon dopamin secara alami. Salah satunya makan makanan berprotein tinggi seperti daging, telur, kedelai, kacang-kacangan, dan lain sebagainya. Karena itulah, pandangan makanan enak bisa membuat mood membaik karena yang dikonsumsi memicu dopamin.

Selain makanan enak, hormon dopamin bisa dibangkitkan dengan cara tidur yang cukup, olah raga, mendengarkan musik, bahkan sinar matahari di pagi hari. Kalau kamu ingin meningkatkan hormon dopamin dalam tubuh, cobalah berolah raga pagi hari. Sambil workout di bawah sinar matahari, kamu bisa mendengarkan lagu favoritmu.

Cara membangkitkan hormon oksitosin

Memeluk pasangan bangkitkan hormon bahagia saat hadapi PPKM darurat

Oksitosin disebut dengan hormon cinta. Senyawa ini dihasilkan bagian hipotalamus otak dan dikeluarkan melalui kelenjar pituari. Okstosin mempengaruhi perasaan cinta dan satang sesama manusia maupun makhluk hidup.

Baca juga: Atasi stres, artis ini berkebun selama pandemi

Hormon ini juga bermanfaat untuk memberi kekuatan bagi ibu yang melahirkan. Selain itu, oksitosin yang cukup dapat merangsang pasokan ASI sehingga bayi lebih cukup gizi.

Cara membangkitkan hormon oksitosin ialah dengan pijat, spa, atau memeluk orang terkasih. Uniknya, berbuat baik, bernostalgia, hingga berkebun bisa memicu okstisosin.

Cara membangkitkan hormon endorfin

Aromaterapi bangkitkan hormon bahagia saat hadapi PPKM darurat

Endorfin disebut dengan hormon pengendali stres atau rasa sakit secara alami. Hormon ini dilepaskan tubuh saat kita mengalami sakit atau stres. Karena itulah, senyawa endorfin bermanfaat bagi kesehatan mental.

Kekurangan endorfin menyebabkan susah tidur, depresi, murung, dan gelisah. Selama PPKM darurat, endorfin termasuk hormon yang sebaiknya kita bangkitkan.

Baca juga: Mindful snacking, solusi ngemil hindari stres dan kegemukan selama pandemi

Cara membangkitkan hormon endorfin ialah dengan olahraga dalam keadaan perut kosong. Mandi air hangat atau berjemur di pagi hari juga memicu endorfin dalam tubuh. Membangkitkan hormon ini sebelum tidur bisa dengan segelas cokelat hangat dan aromaterapi.

Cara membangkitkan serotonin

Makan enak bangkitkan hormon bahagia saat hadapi PPKM darurat

Hormon serotonin berfungsi sebagai pengatar sinyal antarjaringan syaraf. Kehadirannya membabtu fungsi tubuh seperti proses pencernaan, pembekuan darah, pembentukan tulang, dan fungsi seksual.

Ketidakseimbangan hormon seretonin akan memicu stres dan depresi. Akibatnya, kita cepat marah, cemas, dan depresi.

Untungnya, hormon serotonin dapat dibangkitkan lewat makanan. Menu yang bisa disantap adalah telur, tahu, ikan salmon, keju, gandum, kacang-kacangan atau biji-bijian.

Dengan demikian, empat hormon ini perlu dibangkitkan saat kita menghadapi PPKM darurat. Jadi, usir kebosananmu di rumah saja dengan olahraga setiap pagi, makan enak bergizi, cukup tidur, lakukan kegiatan yang menyenangkan, dan selalu terhubung dengan orang tersayang.

Spread the love