081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Alasan Suka Stalking Mantan, Masih Cinta?

Alasan Suka Stalking Mantan, Masih Cinta?

Haidiva.com-Adanya media sosial mempermudah kita mengetahui kabar lama. Salah satunya aktivitas stalking mantan pacar. Banyak yang beranggapan alasan stalking mantan ialah karena masih cinta. Tapi ternyata belum tentu demikian.

Jurnal Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking pada 2015, menjelaskan alasan psikologis suka stalking mantan. Dokter Jese Fox dan koleganya, dr Robert S Tokunaga, meneliti tentang kaitan putus hubungan dengan kepo kabar mantan.

“Ada kaitan dengan komitmen pasangan dan tekanan emosional setelah putus cinta,” tulis jurnal tersebut dikutip dari siaran pers Perempuan Indonesia Satu.

Baca juga: Tanda sebaiknya putus dengan pacarmu

Mereka menemukan kebiasaan stalking mantan berkaitan langsung dengan rasa sakit karena patah hati. Temuan menyebutkan bahwa makin besar kesedihan pasca-putus cinta, semakin besar keinginan seseorang stalking mantan lewat media sosial.

Lantas, apakah perempuan lebih jago stalking mantan daripada laki-laki? Ternyata tidak juga, keduanya punya kemampuan yang sama. Selain patah hati, ternyata ada alasan lain.

Terlalu penasaran

Alasan Suka Stalking Mantan, Masih Cinta?

Saat sangat penasaran dengan seseorang, bisa dipastikan keinginan untuk mencari tahu secara detail tentang orang tersebut akan muncul. Rasa penasaran yang tinggi bisa membuat seseorang melakukan segala cara agar rasa penasaran itu terpecahkan.

Iseng

Alasan Suka Stalking Mantan, Masih Cinta?

Beberapa orang yang sedang bosan atau bingung ingin melakukan apa, menjadikan stalking sebagai salah satu kegiatan yang menarik. Biasanya mereka yang sedang bosan akan men-stalking orang secara random

Baca juga: Patah hati, cara mudah sembuh dan move on

Rindu

Alasan Suka Stalking Mantan, Masih Cinta?

Perasaan rindu bisa jadi pemicu untuk mengetahui kabar dan keadaan mantan kekasih yang sudah lama tidak saling berhubungan. Apalagi, jika dalam fase rindu yang sangat bera. Stalking tentang mantan biasanya akan menjadi pengobat rindu paling ampuh daripada menghubunginya.

Curiga

Alasan Suka Stalking Mantan, Masih Cinta?

Curiga biasanya dialami oleh orang-orang yang merasa jika ia sering diawasi atau diperhatikan oleh seseorang. Rasa tak nyaman itu membuatnya ingin mencari tahu informasi lebih jauh alasan hubungan berpisah. Stalking adalah salah satu solusinya.

Stalking adalah satu hal yang wajar, tetapi tetapi harus diwaspadai jika sudah ada kecenderungan untuk obsesi. Bagaimana pun, mantan adalah masa lalu dalam kehidupan kita dan tidak perlu lagi diungkit keberadaannya.

Spread the love