081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Capek atau Malas Kerja? Ini Cara Hadapi “Burn out”

Capek atau Malas Kerja? Ini Cara Hadapi “Burn out”

Haidiva.com– Kelelahan otak alias ‘burn out’ menyebabkan kita capek atau malas bekerja. Alhasil, kinerja menurun dan tak cepat selesai. Meski umumnya kondisi ini dipicu oleh situasi yang berhubungan dengan pekerjaan, namun aspek kehidupan lain juga dapat memicu burn out.

Mulai dari urusan rumah tangga, hubungan, hingga self-development bahkan dapat membuat Kamu malas bekerja. Untuk menyiasati kondisi ini, memanjakan diri kerap menjadi solusi cepat. Namun, memanjakan otak juga penting untuk dilakukan.

Ini cara menghadapi burn out yang menyebabkan malas bekerja, dikutip dari siaran resmi Stress Management yang diunggah Antaranews.

Baca juga: Ketahui social exhaustion, kelelahan bersosialisasi

Cari kebahagiaan di sekitar

Sebelum terlarut dalam burn out, carilah hal yang membahagiakan di sekitar. Tak perlu repot, lakukan hobi yang membuat Kamu senang atau sekadar jalan kaki ke luar rumah dan menghirup udara segar.

Bangun rutinitas meditasi

Sahajayoga

Melalui meditasi, otak dilatih beristirahat dan mampu membantu mengurasi stres dari burn out. Di saat yang bersamaan, kegiatan ini juga dapat membantumu untuk melatih daya fokus serta pengolahan emosimu.

Untuk memulai rutinitas ini, Kamu bisa mencoba berbagai macam metode hingga menemukan cara yang paling cocok dan mendatangkan manfaat untukmu. Cukup dengan meluangkan sepuluh menit setiap harinya, niscaya lambat laun akan terbiasa bermeditasi. Setelah semakin pandai, perpanjanglah durasi meditasi agar otakmu semakin terlatih.

Terapkan mindfulness dalam keseharian

Salah satu penyebab perasaan burn out adalah situasi yang monoton. Hal tersebut bisa membuatmu jenuh sehingga hari-hari dijalani secara auto-pilot sehingga hari-hari dijalani secara terburu-buru dan tanpa istirahat.

Baca juga: Mindfull snacking, agar tak kalap lihat makanan

Tanamkan pola pikir mindful atau kesadaran penuh atas apa yang Anda rasakan, lakukan, maupun keadaan yang sedang terjadi di sekitar. Melalui mindfulness, Kamu akan belajar untuk fokus dengan apa yang ada di depanmu sehingga pikiran pun terasa tenang.

Terapkan juga pola pikir ini ketika memilih menu santapan harian. Karena bagaimanapun, asupan nutrisi yang baik akan menyehatkan otakmu juga.

Gali potensi diri melalui refleksi nilai dan tujuan hidup

Ketika sedang mengalami burn out, kerap kali kita merasa kehilangan arah. Sehingga, inilah waktunya untuk berhenti sejenak dan melakukan refleksi diri tentang nilai dan tujuan hidup. Mulailah dengan mengeksplorasi hal-hal dan kegiatan yang Kamu gemari.

Spread the love