081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Belajar Bersyukur dengan Cara Mudah

Belajar Bersyukur dengan Cara Mudah

Haidiva.com-Semua agama pasti mengajak seluruh umatnya untuk bersyukur. Agama-agama besar seperti Islam, Kristen, Hindu, Buddha, Sikh, semuanya mengajarkan tentang syukur.

Petikan Al-Quran Surat Ibrahim Ayat 7, “… Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.”

Kutipan dari dari Injil Matius, “Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi , sehingga ia berkelimpahan; tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya.”

Haidiva percaya, syukur itu tak cukup diucapkan dengan mulut tapi harus diresapi sampai ke hati. Mengucapkan terima kasih, Alhamdulilah, Puji Tuhan, Astungkara tak menjadikan kita sesorang yang penuh syukur. Perasaan yang penuh syukur akan menyembuhkan kesedihan maupun kekecewaan tanpa harus melakukan tindakan kontra produktif.

Sulit memang bersyukur lebih dari sekadar ucapan. Tapi berikut ini beberapa metode akan melatihmu bersyukur dan berbahagia sepanjang hari.

Menghitung Karunia Setiap Pagi dan Sebelum Tidur

twitter.com

Penulis seri buku The Secret menuliskan langkah-langkah belajar syukur di bukunya yang berjudul ‘The Magic’. Tahap awalnya adalah menulis karunia minimal 10 hal setiap pagi, setelah bangun tidur. Setelah ditulis, bacalah dengan keras dan rasakan kegembiraan saat mendapatkan berkah dari Tuhan.

Buatlah ‘jimat kebahagiaan’, entah dari batu, tasbih, atau dari barang apapun yang seukuran genggaman. Di waktu malam sebelum tidur, tak peduli seberat apapun saat itu, ingat-ingatlah hal-hal yang menyenangkan aktivitasmu seharian penuh seraya menggenggam ‘jimat’ yang kamu pilih. Lakukan rutin setiap malam.

Saat kamu bersedih, baca lagi catatan karunia dan atau genggam ‘jimat kebahagiaan’. Kamu akan kembali mensyukuri hal-hal yang telah Tuhan berikan padamu.

Celengan Syukur Ala @RyuDeka

twitter.com

Influencer twitter @RyuDeka membuat ‘celengan’ di meja kerjanya sepanjang 2019. Tiap kali ada hal yang membuat bersyukur dan belajar, ia tulis singkat dan masukan ke dalamnya.  Awal tahun 2020, ia keluarkan lagi dan baca ulang. Setelah itu, ia merasakan banyak banget berkat yang telah didapatkan setahun penuh lalu.

Merawat adalah Bentuk Syukur

asiaone.com

Kamu mengucapkan ‘alhamdulilah’ saat mendapatkan uang tapi memasukkan ke dalam dompet begitu saja meski terlipat. Benarkah kamu bersyukur atas rezeki yang didapatkan? Audrey Tait, konselor sekaligus pendiri Inspirational Insight Counseling, mengatakan merawat yang kita miliki adalah bentuk syukur yang paling termudah.

Makan-makanan bergizi dan berolahraga adalah bentuk syukur mendapatkan tubuh yang sehat dari Tuhan. Merapikan uang, membersihkan rumah, adalah mensyukuri dengan cara yang gampang. Toh ketika semua terlihat sedap dipandang, pikiran segar dan semangat menghadapi tantangan penuh. (ndr)

Spread the love

One thought on “Belajar Bersyukur dengan Cara Mudah

  1. Kamu Perlu Tahu tentang Body Positivity
    March 13, 2020 at 10:11 am

    […] Baca: Belajar Bersyukur dengan Cara Mudah […]

Comments are closed.