Atur Keuangan Saat Tak Dapat THR

Atur Keuangan Saat Tak Dapat THR

Haidiva.com-Tak semua orang mendapatakan Tunjangan Hari Raya tahun ini akibat pandemi virus corona atau covid-19. Alih alih mendapat THR, bahkan banyak yang harus kehilangan pekerjaan menjelang hari raya. Agar keuangan tetap stabil, fokuslah pada kebutuhan primer seperti makanan dan kebutuhan rumah lain.

“Kalau sebelumnya belanja harian ditanggung THR, ketika tidak ada THR, pangkas belanja Lebaran, fokuslah pada kebutuhan sehari-hari,” kata Metta Anggriani dalam bincang-bincang daring, Kamis (14/5), seperti yang dikutip dari Kantor Berita Antara.

Baca: Hemat Keuangan Selama Bulan Ramadhan

Pengeluaran pada bulan Ramadhan selama pandemi relatif bisa ditekan karena orang-orang berdiam diri di rumah. Biaya yang biasa dikeluarkan untuk buka puasa bersama, belanja baju Lebaran hingga mudik dapat dialokasikan untuk tabungan.

Pada masa pandemi, prioritas utama adalah memenuhi kebutuhan mendasar. Saat ini setiap orang ditantang untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Sebelum situasi kembali stabil, dahulukan kebutuhan dan kesampingkan keinginan.

“Kebutuhan utamanya adalah kesehatan, seperti biaya makan, pemenuhan gizi, dan kebersihan.”

Jangan ragu untuk menggelontorkan uang dalam membeli makanan bergizi, buah-buah serta sayuran juga benda seperti vitamin serta masker karena kesehatan merupakan prioritas utama saat ini. Sisa uang lebih baik ditabung untuk dana darurat, untuk mengantisipasi kenaikan harga.

“Kalau dulu kenaikan harga terjadi karena demand tinggi, sekarang kenaikan harga terjadi karena suplai berkurang.”

Sisihkan pula penghasilan untuk pengeluaran wajib seperti zakat atau berdonasi untuk sesama yang lebih terdampak COVID-19. Terakhir, hindari berutang. Sebelum memutuskan untuk meminjam uang, pastikan Anda bisa membayarnya ketika waktunya tiba.

“Jangan berutang, apalagi utang konsumtif, sesuatu yang habis terpakai dan nilainya langsung habis,” kata dia.

Sebelum berutang, lebih baik bertahan dengan menyesuaikan gaya hidup sesuai pemasukan. Bila terbiasa berfoya-foya, tahan dulu keinginan hingga pandemi usai agar tidak menyesal kelak.**

Spread the love