081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Atur Keuangan Saat Pasangan Kehilangan Pekerjaan

Atur Keuangan Saat Pasangan Kehilangan Pekerjaan

Haidiva.com-Pandemi COVID-19 membuat banyak orang kehilangan pekerjaan. Alhasil, keungan rumah tangga perlu adaptasi. Dari yang semula mengandalkan dua pemasukan menjadi hanya tunggal salah satu pasangan. Mengatur keuangan penting saat pasangan kehilangan pekerjaan.

Dikutip dari instagram perencana keuangan Zapfinance, berikut cara mengatur keuangan saat pasangan kehilangan pekerjaan.

Revisi rencana pengeluaran bulanan

(istimewa)

Saat pasangan kehilangan pekerjaan, segera melakukan evaluasi dan mengelompokkan pengeluaran berdasarkan jenisnya. Pilah mana pengeluaran yang wajib dipenuhi dan yang tidak.

Baca juga: Strategi keuangan rumah tangga saat resesi ekonomi

Skema pembayaran cicilan utang juga sebaiknya disusun berdasarkan urutan pembayaran dengan tingkat suku bunga pinjaman tertinggi. Waktu jatuh tempo pembayaran juga menjadi pertimbangan. Umumnya, penurunan penghasilan dari dua pihak menjadi satu pihak butuh penyesuaian sekitar 30 persen dari pengeluaran sebelumnya.

Miliki proteksi kesehatan

(istimewa)

Setiap tahun, biaya kesehatan terus meningkat. Saat salah satu berhenti bekerja justru jangan menghentikan proteksi kesehatan yang dimiliki. Minimal, Kamu memiliki proteksi kesehatan dari pemerintah seperti Jaminan Kesehatan Nasional yang dikelola BPJS Kesehatan.

Berhati-hatilah membeli asuransi kesehatan karena ada beberapa layanan yang dihentikan billa premi tidak dapat dibayar. Pelajari secara mendetail kerugian dan kelebihan saat mengambil asuransi. Jangan tergiur dengan keuntungan unit link asuransi tapi mesti pada rincian biaya yang bisa dicover kalau kita sakit.

Baca juga: Tips bisnis umkm 2021, pengusaha baru wajib baca

Evaluasi pinjaman

(ilustrasi)

Untuk rumah tangga yang sedang memilki cicilan KPR atau kredit lainnya, ada baiknya untuk melakukan evaluasi pembayaran per bulan. Coba hubungi pemberi kredit untuk mengetahui kemungkinan pengaturan ulang atau relaksasi pembayaran cicilan.

Cari peluang kerja atau bisnis

Tidak perlu gengsi untuk mendaftar pekerjaan baru atau membuka bisnis. Pekerjaan paruh waktu bisa dilakukan agar menjadi pelampung pertahanan hidup. Membuka bisnis kecil dan memasarkan secara online bisa menjadi pilihan. Jangan lupa pelajari keahlian baru sebelum memulainya.

Sulit memang bagi kita untuk beradaptasi dan mengatur keuangan setelah pasangan kehilangan pekerjaan. Tapi, ini semua diatasi bersama dengan fokus pada solusi bukan saling menyalahkan.

Spread the love