Alasan Sarapan Itu Penting

Alasan Sarapan Itu Penting

Haidiva.com-Makan sarapan sehat di waktu pagi penting untuk memulai hari. Tak hanya menjadi sumber energi, sarapan sehat juga mempunyai manfaat lain bagi tubuh. Berikut ini alasan penting makan sarapan di pagi hari dikutip dari laman webmd.com.

Sumber energi dan nutrisi

Pakar kesehatan Sabrena Jo mengatakan menu sarapan biasanya terdiri dari karbo dan protein. Karbo memberi energi bagi tubuh dan otak untuk melakukan aktvitas seharian. Sedangkan protein mempertahankan energi tubuh tetap bertahan hingga waktu makan siang. Sabrena juga menyarankan menu sehat yang bisa disantap saat sarapan agar nutrisi terserap sempurna.

Menjaga berat badan

Penelitian dari Cornell University di tahun 2016 menunjukkan orang yang melakukan sarapan lebih menjaga porsi makanan saat makan siang dibandingkan yang tidak. Orang yang tak sarapan akan ‘hangry’ alias hunger-angry atau tak bisa mengontrol nafsu makan sehinga mengonsumsi makanan lebih banyak dibandingkan kebutuhan. Penyebabnya karena tubuh terlalu lama berpuasa dari sebelum tidur hingga makan siang padahal membutuhkan energi untuk beraktivitas.

Baca Juga: Ragam Nasi Pecel asal Jawa Timur

Mengontrol gula darah

Sarapan membantu gula darah tetap stabil sepanjang hari. Gula darah yang terlalu rendah akan menganggu mood-mu, membuat mudah marah, mengeluh, bahkan memicu kegugupan. Bahkan untuk penderita diabetes sekalipun, menurut pakar nutrisi Osama Hamdy, mesti tetap sarapan agar tak terkena hypoglycemia atau kekurangan gula darah.

Bagus untuk hatimu

Tahun 2017, Journal of The American Collage of Cardiology mengungkapkan orang-orang yang melewatkan sarapan berpotensi atherosclerosis atau penumpukan lemak dan plak di pembuluh darah. Jika tak segera ditangani plak kolesterol ini akan mengganggu kinerja hati dan menghambat aliran darah ke seluruh tubuh.

Lebih giat melakukan aktivitas

Pakar nutrisi Osama Hamdy mengatakan orang yang rutin sarapan bekerja lebih giat karena metabolisme tubuh lebih cepat dibanding yang melewatkan. Ketika otak susah fokus, kata Hamdy, itu menunjukkan kalau kamu butuh energi untuk berpikir. Sarapan menjadi solusinya.

Buat Kamu yang tidak sempat menyiapkan sarapan, jangan khawatir karena kini banyak usaha kuliner sehat yang menyediakan menu sarapan beragam. Untuk Kamu yang tinggal di Surabaya dan sekitarnya, bisa mencoba beragam menu sarapan sehat dari Aimbowl. Langsung cek akun Instagram Aimbowl Selamat Makan!

Spread the love