081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Tips Cari Jodoh Lewat Aplikasi Online, Agar Tak Salah Pilih

Tips Cari Jodoh Lewat Aplikasi Online, Agar Tak Salah Pilih

Haidiva.com-Pandemi COVID-19 menyebabkan aplikasi online cari jodoh laris manis. Namun ingat, kita perlu hati-hati memilih agar tak salah pilih. Psikolog klinis Pingkan Rumondor menyarankan agar kamu mempersiapkan sejumlah hal sebelum memanfaatkan aplikasi kencan online untuk menemukan pasangan hidup, terutama bagi para pemula.

“Pertama, tahu tujuan kita apakah mencari teman baru, hubungan yang tidak long lasting atau mau mencari yang untuk long term bisa lanjut ke pernikahan,” ujar Pingkan dalam OkCupid Live Virtual Talkshow, Sabtu, 22 Januari 2021.

Ini persiapan lain sebelum menggunakan aplikasi cari jodoh online agar tak salah pilih.

Baca juga: Tren kencan 2021, aplikasi online berjaya

Isi profil dengan jujur

Tips Cari Jodoh Lewat Aplikasi Online, Agar Tak Salah Pilih (Istimewa)

Saat mengisi profil, kamu harus menulis secara jujur. Taruhlah foto-foto yang memang mewakili dirimu tanpa harus melebih-lebihkan atau mengurangkan sesuatu.

Selain itu, cobalah melakukan verifikasi data profil orang yang mengajak Anda berkenalan. Jangan percaya 100 persen pada data yang tertera di profilnya. Gunakan intuisi Anda.

Tentukan kriteria spesifik

Tips Cari Jodoh Lewat Aplikasi Online, Agar Tak Salah Pilih (istimewa)

Kalau kamu berencana mencari pasangan untuk menikah, Pingkan menyaranakn agar menentukan kriteria yang spesifik dan terukur. Misalnya, kamu ingin sosok suami yang baik, tentukan indikator sifat-sifat yang menurutmu mempunyai kriteria baik.

“Misalnya, orang baik itu menurut saya yang mendengarkan,” tutur Pingkan.

Baca juga: Cerita pdkt di tengah pandemi COVID-19

Sortir sesuai prinsip hidup

Tips Cari Jodoh Lewat Aplikasi Online, Agar Tak Salah Pilih (istimewa)

Kamu bisa mulai membangun pertemanan dengan menyortir sosok-sosok yang sesuai prinsip hidup. Bukan hal yang keliru jika tertarik dengan orang yang sejalan daripada sebatas memulai percakapan lebih dahulu.

Pingkan menyarankan agar tak selalu menanggapi orang yang mengajak berkenalan. Hal ini akan menyusahkan kita memilih yang paling tepat karena terlalu banyak obrolan. Jadi, tanggapi saja yang sesuai dengan prinsip dan nilai yang kamu anut.

Deskripsikan minat dengan jelas

Tips Cari Jodoh Lewat Aplikasi Online, Agar Tak Salah Pilih (istimewa)

Deskripsikan secara jelas apa yang menurutmu baik dan mana yang tidak. Hal ini juga termasuk membatasi orang-orang yang mengajakmu berkenalan. Kamu juga perlu memiliki batasan emosi agar tak lekas baper.

“Mempunyai batasan emosi artinya kita tidak mudah merasa sedih kalau orang sedih. Ciri hubungan tidak sehat, orang menyalahkan kekecewaannya ke kita, ‘Gua kecewa abis elo sih’. Itu tanda-tanda orang berusaha melewati batasan emosi kita,” kata Pingkan.

Baca juga: Patah hati, cara mudah sembuh dan move on

Hati-hati dengan laki-laki hidung belang

Ilustrasi

Kamu khawatir bertemu laki-laki hidung belang yang kenalan hanya untuk berhubungan badan? Banyak fuckboy yang berkeliaran di aplikasi online. Jadi, pelajari modus mereka berkomunikasi.

“Sudah sedikit melecehkan kalau dia berkomentar soal sisi sensual. Kalau masih chat di aplikasi, sebaiknya jangan tanggapi,” tutur Pingkan.

Pingkan menyarankan untuk menolak orang yang meminta foto selfie dengan tujuan apapun. Foto profilmu di aplikasi sebenarnya sudah bisa mewakili gambaran wajah mu.

Perempuan boleh duluan

Tips Cari Jodoh Lewat Aplikasi Online, Agar Tak Salah Pilih (ilustrasi)

Pingkan mengatakan perempuan boleh meminta kenalan duluan bila kamu tertarik dan sesuai dengan nilai yang dipunya. Dia mengatakan, penting bagi setiap orang untuk menginginkan hubungan solid, jujur, terbuka, dan saling mengapresiasi.

Spread the love