5 Tanda Toxic Relationship di Hubungan dengan Pasangan

5 Tanda Toxic Relationship di Hubungan dengan Pasangan

Haidiva.com-Tak semua hubungan percintaan seindah pelangi atau sehangat matahari. Toxic relationship atau hubungan beracun akan merusak mental dan menyedot energimu sehingga merasa sangat kelelahan. Kamu dan pasangan perlu tahu tanda-tanda toxic relationship agar segera bisa memperbaikinya. Jika sampai melakukan kekerasan mental maupun fisik, sebaiknya berpisah saja.

Dikutip dari Pinkvilla, berikut tanda-tanda toxic relationship yang perlu kamu dan pasangan waspadai.

Posesif

Sifat posesif adalah perilaku terlalu mengekang seseorang atau pasangan. Meski cemburu itu normal, sikap posesif seperti terlalu mengontrol hidup pasangan, marah ketika ada yang mengirimi sms, atau merasa terancam saat ada orang yang terlihat akrab, bahkan sampai menguntit, hal-hal tersebut adalah tanda bahwa hubungan kalian sudah memasuki toxic relationship.

Baca juga:Bebas Toxic Friendship Tanpa Putus Hubungan

Rasa bersalah

Jika pasangan menyalahkanmu atas hal-hal yang di luar kendalimu hingga kamu merasa sangat bersalah, itu artinya hubungan asmara sudah tidak sehat. Kamu atau pasanganmu memang dianjurkan untuk saling menghibur dan memberikan motivasi  tetapi tetap saja, kalian tak bertanggung jawab atas kebahagiaan yang lain. Kalau pasanganmu marah karena merasa kamu tak bisa membuatnya bahagia, itu bukan salah kamu.

Manipulasi

Manipulasi adalah perilaku seseorang yang mencoba memaksamu untuk melakukan sesuatu yang tidak ingin kamu lakukan dengan segala cara yang mungkin. Jika seseorang mencoba mempengaruhi tindakan, pikiran, dan emosi kamu, itu pertanda kamu mulai memasuki toxic relationship.

Baca juga: Tanda Alami Gaslighting, Segera Minta Bantuan

Berkhianat

Berkhianat bukan hanya berarti selingkuh dengan orang lain, tapi masih banyak hal lain. Jika seseorang terbukti tidak setia atau terlibat dalam aktivitas yang mungkin menyakitimu dengan sengaja, itu adalah pengkhianatan. Jika mereka  memberikan informasi pribadi tanpa persetujuanmu kepada orang lain, itu pertanda hubungan sudah tak sehat.

Sabotase

Jika pasangan menjauhkan dari hal-hal yang membuatmu bahagia atau justru merusak reputasimu, itu pertanda juga toxic relationship. Ini saatnya kamu membuangnya ke tempat sampah. Dia tak layak menjadi pasanganmu.**

Spread the love

1 thought on “5 Tanda Toxic Relationship di Hubungan dengan Pasangan

Comments are closed.