4 Rahasia Panjang Umur Orang Jepang

4 Rahasia Panjang Umur Orang Jepang

Haidiva.com-Jepang tak hanya terkenal karena negaranya yang maju, tapi juga angka harapan hidupnya yang tinggi. Studi terbaru dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan bahwa rata-rata angka harapan hidup penduduk Jepang adalah 83,89 tahun, sementara perempuan Jepang bisa hidup hingga usia 87 tahun bahkan lebih. Hal ini kontras dengan angka harapan hidup penduduk Indonesia yang hanya mencapai 69,19 tahun. Apa rahasia di balik usia panjang penduduk Jepang? Berikut 4 rahasia panjang umur orang Jepang:

1.Pola Makan yang Sehat

Asupan makanan nyatanya menjadi hal yang sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh, dan hal itu dipahami betul oleh penduduk negara Jepang. Orang Jepang terbiasa untuk mengonsumsi produk makanan segar dan jarang mengonsumsi makan olahan. Orang Jepang diketahui rutin mengonsumsi sayuran dan buah musiman. Selain itu, mereka juga jarang melewatkan makanan laut. Jenis makanan yang satu ini tidak perlu diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan tubuh. 

Baca juga: Fenomena Kodokushi di Jepang

2.Tebiasa Berjalan Jauh

Penduduk Jepang terbiasa menggunakan transportasi umum, baik itu kereta bawah tanah (MRT) atau bus. Tentunya mereka perlu berjalan dari rumah ke stasiun, sehingga mereka sering berjalan jauh. Berdasarkan penelitian, rutin berjalan kaki bisa meningkatkan angka harapan hidup. Menurut peneliti dari US National Cancer Institute, jika kita tetap aktif secara fisik setelah usia 40 tahun, maka akan menambah angka harapan hidup dua hingga tujuh tahun lebih lama.

3.Terobsesi dengan Kebersihan, Bisa Menghindarkan Penyakit

Negara Jepang terkenal karena kebersihannya. Memang, penduduk Jepang terobsesi dengan kebersihan. Kultur mereka sebagian besar berasal dari tradisi Shinto di mana ajaran utamanya adalah tentang konsep pemurnian. Selain itu penduduk Jepang juga sering memakai masker saat keluar rumah. Tak heran selama pandemi Covid-19, penduduk Jepang telah terbiasa memakai masker.

Baca juga: Hasil Daur Ulang Sampah Jepang

4.Menganut Prinsip Ikigai (Mencintai Kehidupan)

Salah satu nilai kehidupan yang dijunjung tinggi masyarakat Jepang adalah Ikigai. Dalam konsep ini, mereka diajarkan untuk lebih mencintai kehidupan dan menjalani hidup dengan melakukan hal-hal yang dicintai. Makna dari konsep ini bisa sangat luas, tetapi Ikigai sering diartikan sebagai Iki yang berarti hidup dan Gai berarti reason. Dengan kata lain, Ikigai bisa dimaknai sebagai konsep menjalani hidup dengan alasan-alasan tertentu. Umumnya, alasan hidup seseorang pastilah merupakan sesuatu yang dicintai, dan nyatanya hal itu berkaitan dengan tingginya angka harapan hidup. Orang yang menjalani hidup dengan penuh cinta disebut lebih jarang mengalami stres dan terserang penyakit fisik. 

Spread the love