081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Usia Anak Boleh Pakai HP

Usia Anak Boleh Pakai HP

Haidiva.com-Salah satu orang terkaya di dunia sekaligus pendiri Microsoft Bill Gates tak memperbolehkan anak-anaknya memakai handphone (HP) atau gawai lain sampai di usia 14 tahun. Bill Gates khawatir anaknya mengalami kecanduan  terhadap telepon genggam dan malas bergerak.

“Kami tidak membolehkan anak-anak memakai HP sampai mereka berusia 14 tahun. Mereka mengeluh tentang anak-anak lain yang sudah mendapatkan HP,” kata Bill Gates dikutip dari Populer Science.

Baca juga: Fakta Nayel Nassar, Calon Menantu Bill Gates

Banyak orang tua yang memperbolehkan anaknya memakai handphone (HP) atau gawai di usia balita. Namun HP ternyata berdampak buruk pada kesehatan dan perkembangan kognitif anak. Penelitian dari Cohen Medical Centre di New York, Amerika Serikat, tahun 2013, menyebutkan anak usia 0-3 tahun yang telah memakai HP memiliki kemampuan berbicara yang lebih rendah dibandingkan yang tidak menggunakannya.

American Academy of Pediatrics (AAP) menganjurkan orang tua agar anak di bawah usia 2 tahun dilindungi dari layar kaca televisi, HP, smartphone, tablet, maupun gawai yang lain. Untuk anak usia 3 tahun, AAP menyarankan boleh menonton layar elektronik selama 1-2 jam sehari.   Seorang pakar pediatrik, Cris Rowan, malah memberikan batasan usia yang tak berbeda jauh dengan anjuran Bill Gates.

“Saya menyerukan kepada orang tua, guru, dan pemerintah untuk melarang penggunaan HP dan perangkat genggam lain bagi anak di bawah usia 12 tahun,” kata Cris Rowan di kolom opini Huffington Post.

Cris menyebutkan dampak buruk penggunaan HP berlebihan pada anak. Dampaknya adalah obesitas karena jarang bergerak, keterlambatan perkembangan, gangguan tidur, agresif, mudah tantrum, kesulitan belajar, dan susah konsentrasi. Cris menyarankan agar anak disibukan dengan kegiatan fisik bermain dan belajar untuk mengasah motorik dan aspek sosialnya.**

Spread the love

One thought on “Usia Anak Boleh Pakai HP

  1. Lima Keunggulan HP Xiaomi Redmi Note 9 Pro
    June 11, 2020 at 9:06 am

    […] Baca juga: Berapa usia anak boleh pakai HP? […]

Comments are closed.