081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Tokoh Nyata Sejarah Korea yang Disebut di Drama The King: Eternal Monarch

Tokoh Nyata Sejarah Korea yang Disebut di Drama The King: Eternal Monarch

Haidiva.com-Drama Korea The King: Eternal Monarch memang telah tamat Jumat, 12 Juni 2020 kemarin. Namun drama yang dimainkan oleh Kim Go Eun dan Lee Min Hoo ini tetap menarik dijadikan perbincangan. Salah satunya adalah beberapa tokoh nyata yang namanya disebutkan di The King: Eternal Monarch. Siapa saja mereka?

Sinmun dari Silla

Yoo Seung Ho menjadi Kim Chunchu atau Muyeol dari Silla (kakek Sinmun dari Silla) di drama Korea Queen Seon Deok.

Raja Sinmun adalah tokoh nyata sejarah Korea. Sinmun bertahta di Silla 681-692 Masehi. Di drama The King: Eternal Monarch, Raja Sinmun disebutkan sebagai pemilik pertama manpasikjeok, seruling bambu yang diperebutkan oleh Raja Corea Lee Goon (Lee Min Hoo) dan pamannya yang bernama Lee Rim (Lee Jung Jin). Nyatanya, manpasikjeok memang identik dengan Raja Sinmun. 

Kisah ini bermula ketika Raja Sinmun mimpi bertemu ayahnya, Raja Munmu, dan Jenderal Kim Yushin, jenderal yang bisa menyatukan tiga kerajaan Korea. Mereka ingin memberi Raja Sinmun hadiah yang bisa memberikan kedamaian bagi rakyatnya. Syaratnya, Raja Sinmun harus pergi ke pulau yang terapung di tengah laut. Di sana ia mendapatkan pohon bambu ajaib. Dijadikanlah seruling oleh Raja Sinmun dan diberi nama manpasikjeok. Konon katanya, manpajisikjeok bisa menyembuhkan penyakit, memukul mundur pasukan musuh, menghentikan hujan dalam banjir, memanggil hujan saat kemarau, bahkan menenangkan gelombang.

Bisa jadi manpansijeok adalah analogi gaya kepemimpinan Raja Sinmun dari Silla. Raja Sinmun dikenal sebagai raja yang mampu merangkul Baekje dan Goguryeo setelah bersatu dan memberi kedamaian bagi rakyat bekas tiga kerajaan. Ia juga mendirikan akademi nasional untuk melatih para pejabat dengan pendidikan konfusian klasik dan ilmu lain.

Baca juga: Ratu Kencono Wulan, Permaisuri Kerajaan Jawa yang Dibenci dan Dikagumi

Putera Mahkota Sohyeon dari Joseon

Lee Jin Wook sebagai Pangeran Sohyeon di serial The Three Musketeers

Drama The King: Eternal Monarch menceritakan perbedaan jagad Republik Korea tempat Jung Tae Eul (Kim Go Eun) tinggal dengan Kerajaan Korea yang dipimpin Lee Goon (Lee Min Ho). Perbedaan mereka ada pada kisah hidup Putra Mahkota Sohyeon dari Joseon. Di Kerajaan Corea, Putra Mahkota Sohyeon tidak tewas terbunuh oleh ayahnya melainkan berhasil menjadi Raja Hyojong yang berhasil terlepas dari pengaruh Dinasti Qing . Kisah ini tentu berbeda dengan kisah nyata yang terjadi di Republik Korea.

Menurut sejarah nyata, Pangeran Sohyeon adalah sosok yang cerdas dan menjadi negosiator ulung antara Joseon dan Qing. Tokoh ini berjasa dalam memulangkan budak-budak Joseon yang ditawan oleh Manchu. Saat pulang ke Joseon, Putera Mahkota Sohyeon mendesak ayahnya, Raja Injo, memodernisasi negara dan mengizinkan ilmu pengetahuan barat untuk masuk. Raja Injo tentu menolaknya.

Suatu ketika, Putera Mahkota Sohyeon ditemukan tewas di kamar ayahnya dengan pendarahan parah dari kepala. Raja Injo kemudian menunjuk Pangeran Bongrim, adik kandung Sohyeon, menjadi pengganti dan kelak bernama Raja Hyojong. Pangeran Bongrim memang tak secerdas kakaknya, namun ia juga terkenal cakap dan mempunyai kemampuan militer lebih baik dibanding Pangeran Sohyeon. Setelah menjadi Raja Hyojong, Bongrim mengusir Dinasti Qing dan mendorong munculnya teknologi pertanian di zamannya.**

Spread the love