Tips Solo Traveling, Pergi Seorang Diri

Tips Solo Traveling, Pergi Seorang Diri

Solo traveling atau bepergian seorang diri tentunya bukan sebuah hal yang mudah dilakukan, terutama kamu seorang perempuan.

Selain harus pandai menjaga diri, kamu pun bakal dituntut untuk lebih berani menghadapi setiap kondisi yang terjadi saat melakukan solo traveling. Selain itu, banyak juga yang wajib kamu persiapkan sebelumnya, mulai fisik hingga kebutuhan selama ber-traveling.

Bila kamu ingin mencoba solo traveling, baik dalam maupun luar negeri. Baiknya perhatikan beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

  1. Pilih Kota yang Aman untuk Solo Traveling
    Tiap kota di dunia, tentunya memiliki tingkat keamanan yang berbeda-beda. Kamu bisa pilih kota-kota yang memang sudah direkomendasikan untuk solo traveling.
    Jika pilihanmu berada di dalam negeri, maka kamu tinggal menyesuaikan asat, suku dan kebudayaan yang ada. Namun jika pilihanmu adalah luar negeri, maka kota-kota seperti Malaysia, Singapore, Bangkok, Amsterdam, Dublin, San Fransisco, dan Islandia patut masuk daftar pilihanmu.
  2. Persiapkan Budget Ekstra
    Untuk bisa bepergian ke suatu tempat seorang diri, pastinya kamu butuh yang namanya budget. Namun karena kamu adalah seorang solo traveler, maka budget ekstra bisa jadi solusi yang baik.
    Kamu tidak bisa memprediksi suatu hal yang akan terjadi saat melakukan solo traveling. Antisipasi lah dengan menyiapkan budget ekstra yang mungkin akan berguna sewaktu-waktu.
  3. Cari Info Mengenai Kota atau Tempat yang Akan Kamu Kunjungi
    Sebelum ber-solo traveling, baiknya kamu bisa cari informasi terlebih dahulu mengenai kota atau tempat tujuanmu. Hal itu bertujuan untuk mempermudah perjalananmu.
  4. Berikan Kabar Pada Keluarga, Sahabat atau Kerabat
    Saat melakukan solo traveling, memberikan informasi pada keluarga, sahabat ataupun kerabat sangat lah penting. Apalagi bila kamu bepergian ke tempat yang jauh dan membutuhkan waktu yang lama. Agar keluarga lebih tenang, baiknya beri tahu mengenai di mana kamu akan tinggal, dan berapa lama waktu kamu bepergian.
  5. Bawa Kartu Identitas Diri
    Untuk bisa berkunjung ke suatu tempat seorang diri, kamu diwajibkan menyertakan kartu maupun dokumen identitas diri. Dan jangan lupa untuk menyimpan copy kartu identitas jika suatu saat dibutuhkan.
  6. Bawa Perlengkapan yang Sesuai
    Sesuaikan baju dan perlengkapanmu dengan destinasi tujuanmu. Bila kota tujuanmu adalah negara-negara bermusim dingin. Maka kamu bisa membawa perlengkapan pakaian dingin, jaket atau mantel dan lain-lain. Namun jika tujuanmu adalah negara-negara bersuhu panas. Maka perlengkapan pun bisa disesuaikan dengan suhu atau kebutuhan pakaianmu sehari-hari saat melakukan solo traveling.
  7. Cari Tempat Penginapan yang Aman Khusus Perempuan
    Solo traveling yang bakal kamu lakukan tentunya tidak cukup dalam 24 jam saja. Untuk itu, kamu membutuhkan yang namanya penginapan. Penginapan itu bisa kamu cari dimana saja, baik itu hotel, villa ataupun penginapan biasa. Jika pilihanmu jatuh pada penginapan biasa demi menghemat budget perjalanan. Baiknya cari tempat penginapan khusus untuk perempuan saja karena akan lebih aman dibanding harus bercampur dengan pria.
  8. Percaya Diri dan Ikuti Kata Hati
    Percaya diri pasti akan membawa perjalananmu jadi lebih aman dan nyaman untuk dilakukan. Selain itu, kamu bisa coba untuk selalu ikuti kata hati. Kedua hal itu akan mempermudah setiap perjalananmu sekalipun kamu sedang bersolo traveling.
Spread the love