081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Tips Bisnis UMKM 2021, Calon Pengusaha Wajib Baca

Tips Bisnis UMKM 2021, Calon Pengusaha Wajib Baca

Haidiva.com-Setelah kondisi usaha 2020 yang tak terprediksi akibat pandemi COVID-19, tahun 2021 diharapkan menjadi titik balik setelah hadirnya vaksin untuk virus corona. Iklim usaha mikro kecil menengah (UMKM) diprediksi akan menggeliat. Country Manager Zilingo Indonesia Patrick Vaz memberikan tips bisnis agar pengusaha UMKM kembali bangkit dan mendapatkan hasil memuaskan.

“Pertama, lakukan evaluasi inti usahamu, lalu hasil evalusasi tersebut digunakan untuk mengukur kinerja bisnismu di tahun ini,” kata Patrick seperti yang dikutip dari Antaranews.com

Berikut tips lain yang yang bisa juga dibaca oleh calon pengusaha.

Baca juga: Tips Buka Usaha Ala Susi Pudjiastuti

Tinjau laporan keuangan

(istimewa)

Patrick menyarankan agar para pengusaha mengumpulkan semua dokumen keuangan yang diperlukan, seperti laba rugi, neraca, laporan arus kas, aset cair, dan lain sebagainya. Setelah itu, lihat apakah usaha yang dilakukan telah berada di jalur yang tepat untuk mendapatkan laba dan kebutuhan arus kas.

Ukur kompetensi usaha

Thinkstock

Kita mesti jujur saat melakukan pengukuran kompetensi usaha dan keahlian memanajemen kebutuhan. Intropeksi yang jujur menghasilkan solusi yang lebih akurat di tahun depan.

Baca juga: Tips Sukses Jualan Online di Marketplace

Susun rencana bisnis

(Bussiness Daily)

Mumpun 2021 belum dimulai, Patrick menyarankan kita menyusun rencana bisnis dan pemasaran di tahun 2021. Gunanya untuk meningkatkan citra merek dan kehadiran produk kita di pasaran. Rincian rencana mulai dari dana yang dianggarkan hingga timeline pelaksanaan strategi.

Apresiasi akhir tahun

(istimewa)

Review kinerja karyawan dan pelanggan di akhir tahun. Jika memuaskan atau menguntungkan, tak perlu segan memberikan penghargaan agar semakin loyal. Patrick mengatakan semua usaha yang sehat perlu merayakan capaian mereka setelah melewati tahun yang penuh tantangan.

Spread the love