081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Tips Anti Gagal Buat Singkong Keju Empuk dan Merekah

Tips Anti Gagal Buat Singkong Keju Empuk dan Merekah

Haidiva.comMusim hujan telah tiba. Menikmati camilan di musim hujan saat ini memang enak. Nah, salah satu jajanan favorit masyarakat Indonesia adalah singkong keju alias singkong goreng.

Pasalnya singkong keju ini merupakan jajanan yang murah meriah dan mudah didapat. Namun meski tampak sederhana, tidak semua orang bisa membuat singkong goreng yang merekah, renyah, dan empuk.

Berikut tips cara membuat singkong keju yang renyah dan mekar, yang khusus dibagikan oleh gerai UMKM Makanan asal Sidoarjo, Jajan Momie yang memiliki akun Instagram @jajanmomie.

1. Pilih singkong yang bagus

Kulit singkong padat, segar, tidak berjamur.

Singkong keju yang enak, juga dipengaruhi dari kualitas singkong itu sendiri. Maka dari itu, pilihlah singkong yang tampak padat, segar, dan tidak berjamur. Tandanya adalah pada kulit arinya yang mengelupas, jika kulit terluar ini mengelupas dan terlihat kulit dalamnya yang merah muda, singkong cenderung empuk jika dimasak. Pilih yang agak besar dan lurus.

2. Tanyakan lansung pada penjual

Jangan segan bertanya pada pejual.

Jika ingin membuat singkong keju, jangan segan-segan bertanya pada si penjual. Tanyakan kualitas singkong yang cocok digunakan untuk membuat singkong keju.

3. Rendam singkong dengan Baking Powder

Rendam singkong dengan campuran baking powder

Kupas kulit singkong dan potong-potong menjadi beberapa bagian. Rendam di dalam air bersih, hal ini selain untuk membersihkan tanah yang menempel tapi juga berguna menghilangkan racunnya. Nah jangan lupa beri baking powder, secukupnya agar singkong empuk . Saran singkong direndam semalaman, misalnya dari malam sampai pagi.

3. Kukus

Kukus singkong hingga rasa diempuk

Setelah direndam, kukus singkong selama 15-20 menit atau hingga singkong matang. Setelah itu angkat. Mengukus singkong akan membuat teksturnya empuk saat digoreng.

4. Rendam air es

Tambahkan pecahan bongkahan es

Siapkan wadah besar berisi air es. Segera masukkan singkong yang sudah dikukus ke dalam air es yang sudah dicampur bumbu. Bumbu tersebut diantaranya bawang putih, garam, dan kunyit jika dibutuhkan. Proses perendaman ini sangat penting terutama untuk membuat tekstur singkong yang merekah. Jika kulit singkong tampak pecah-pecah, segera tiriskan.

5. Goreng hingga tenggelam

Goreng singkong hingga tenggelam

Penting menggunakan minyak cukup banyak untuk menggoreng singkong karena inilah kunci agar singkong merekah. Metode deep frying ini akan membuat singkong memiliki permukaan yang garing dan renyah sedangkan bagian dalamnya lembut dan empuk.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba resep dari Jajan Momie ? Selamat mencoba di rumah.

Spread the love