Gangguan Kesuburan Laki-laki Sebabkan Sulit Punya Anak

Gangguan Kesuburan Laki-laki Sebabkan Sulit Punya Anak

Haidiva.com-Saat pasangan suami istri tak kunjung dikaruniai anak, kebanyakan tudingan diarahkan ke pihak perempuan. Padahal, dilansir dari Hello Sehat, penyebab susah hamil 30 persen berasal dari gangguan kesuburan laki-laki, 30 persen dari istri, 30 persen kombinasi keduanya, dan 10 persen tidak diketahui penyebabnya.

Kali ini, Haidiva akan membahas mengenai masalah gangguan kesuburan yang terjadi pada laki-laki dilihat dari sperma. Laki-laki yang dinyatakan mempunyai sperma subur ditandai dengan jumlah yang cukup, morfologi yang sempurna, dan gerakan sperma yang sempurna. Bila tidak, sperma tersebut berarti kelainan.

shutterstock.com

Oligospermae

Sperma yang normal bagi laki-laki adalah 39 juta per ejakulasi. Seseorang yang memiliki jumlah sperma lebih rendah dari angka tersebut dinamakan oligospermae.

Teratozoospermae

Kelainan sperma mengacu pada bentuk sel-sel sperma yang tidak sebagaimana mestinya, misal kepala ganda, tumpul, ekor bercabang, dan lain sebagainya. Meski banyak sperma yang kelainan, kondisi ini tak masalah asal masih ada 4 persen yang normal. Namun bila kurang dari 4 persen, hal ini disebut sebagai teratozoospermae.

Asrhenozoospermae

Sperma yang sehat adalah yang mampu berenang maju. Jika sperma yang bergerak maju dan berenang menuju saluran reproduksi kurang dari 32 persen, hal ini disebut asrhenozoospermae.

Azoospermae

Ada laki-laki yang cairan semennya tidak mengandung sperma sama sekali. Hal ini disebut dengan azoospermae.

Jika kamu dan pasangannmu tak kunjung mempunyai buah hati, Haidiva menyarankan untuk lebih dulu melakukan pemeriksaan laboratorium terhadap suami. Pihak laki-laki cukup satu kali melakukan pemeriksaan untuk mengetahui kondisi sperma. Sebaliknya, perempuan lebih banyak aspek yang harus diperiksa mulai dari kondisi rahim dengan USG, saluran rahim lewat tes HSG, indung telur dan sebagainya.

Tentu saja, setiap pemeriksaan  membutuhkan dana yang kadang tak murah. Daripada pasutri banyak mengeluarkan biaya untuk semua pemeriksaan istri, eh ternyata yang bermasalah ada pada suami. Dengan kecanggihan teknologi kedokteran saat ini, toh semua bisa diatasi asal punya biaya dan rajin berdoa.

Bahkan untuk laki-laki yang cairan semennya tidak mengandung sperma sama sekali, kehamilan bisa terjadi dengan menggunakan teknologi ICSI (Intra-cytoplasmic Sperm Injection), yang masuk ke dalam prosedur bayi tabung atau In Vitro Fertilization (IVF).

Dengan teknologi ini, sperma yang nihil di air mani akan langsung dicari lewat jalan operasi di saluran sperma atau epididymis (testis). Kemudian sperma tersebut akan dibekukan dan langsung disuntikkan pada sel telur lewat proses bayi tabung. Tentu saja, bayi tabung dengan persiapan ini lebih mahal dibandingkan yang biasa.

Selamat menabung!

Spread the love

2 thoughts on “Gangguan Kesuburan Laki-laki Sebabkan Sulit Punya Anak

Comments are closed.