Tak Bisa Lepas dari Media Sosial? Awas FOMO!

Tak Bisa Lepas dari Media Sosial? Awas FOMO!

Haidiva.com-FOMO atau akronim dari Fear of Missing Out, adalah fenomena yang menunjukkan ketakutan jika tak bisa mengikuti obrolan yang tengah viral di media sosial atau lingkungannya. Menurut pakar kejiwaan Ivan Goldberg, dikutip dari jurnal Computers in Human Behaviour, FOMO memicu no mobile phone phobia atau ketakutan berjauhan dengan telepon genggam.

“Gangguan ini bisa berdampak kecanduan, dan mengalami kerusakan psikis maupun fisik, bahkan gejalanya bisa seperti kecanduan rokok, alcohol, maupun narkoba,” kata Ivan.

Baca: Arti Body Positivity

Tak main-main, FOMO bisa menyebabkan dada berdebar kencang, atau kepala terasa pusing, bila tak segera mengecek informasi media sosial atau ketika tahu bahwa ada informasi yang luput dari perhatian. Berikut ini, ciri-ciri kamu sedang mengalami FOMO.

Pertama, merasa iri hati setiap melihat aktivitas orang lain di media sosial kemudian muncul keinginan menyainginya. Kedua, rajin memosting status di media sosial yang menggambarkan aktivitas sendiri, baik berupa gambar maupun tulisan pendapat pribadi. Tujuannya untuk mendapatkan respon dari dunia maya.

Baca: Bahaya Teguran Netizen di Media Sosial

Ketiga, rajin memberi komentar pada setiap postingan akun media sosial tak kenal waktu. Kebiasaan ini dilakukan terlalu sering setiap hari, bahkan di saat bekerja maupun sibuk dengan urusan lain. Terakhir, gejala fisik jika tak mengecek notifikasi media sosial.**

Spread the love

1 thought on “Tak Bisa Lepas dari Media Sosial? Awas FOMO!

Comments are closed.