Sisi Positif Wisuda Daring Anti Ribet

Sisi Positif Wisuda Daring Anti Ribet

Haidiva.com-Beberapa hari terakhir muncul tantangan #WisudaLDR2020 di sosial media. Sejumlah selebriti mengunggah foto lawas wisuda mereka, dengan tujuan untuk menyemangati lulusan 2020 yang tak bisa wisuda secara fisik. Alih-alih menyemangati, tantangan ini justru tak menunjukkan empati. Padahal wisuda sejatinya hanya suatu seremonial belaka yang cenderung membosankan. Justru wisuda daring malah banyak sisi positifnya dan cocok untuk kamu yang anti ribet. Yuk simak sisi positif wisuda daring anti ribet:

Terbebas dari Perintilan Wisuda

Sebelum wisuda, mahasiswa diwajibkan menyerahkan beragam prasyarat untuk mengikuti wisuda. Mulai dari Tes TOEFL, menerbitkan jurnal ilmiah, menyerahkan copy skripsi, bebas tanggungan akademik, dan perintilan lainnya. Dengan wisuda daring, semua proses pengumpulan persyaratan bisa dilakukan melalui online.

Tak Perlu Bangun Pagi untuk Dandan ke Salon

Bukan rahasia lagi jika setiap musim wisuda, salon-salon banyak diserbu para mahasiswa perempuan. Mereka harus bangun pagi buta dan mengantre untuk berdandan. Masih untung jika dapat makeup flawless ala selebgram, ada juga yang harus antre dapatnya makeup menor. Jika kamu wisuda daring, cukup pilih filter yang mumpuni, Voila foto wisudamu sempurna!

Buat Anak Rantau, Tak Pusing Biaya Akomodasi

Wisuda tentunya saat yang dinanti-nanti pula oleh orangtua. Buat kamu anak rantau, tentunya harus mengeluarkan biaya untuk transportasi dan akomodasi untuk orangtuamu. Belum lagi jika ada saudara lain yang ingin eksis di wisudamu, biaya bakal membengkak. Dengan wisuda daring, biaya akomodasi tadi bisa deh kamu masukkan dana darurat.

Baca: Dana Darurat Penting & Wajib Punya

Tak Perlu Antre Berjam-jam Hanya untuk Memindahkan Tali Toga

Prosesi wisuda bisa berlangsung berjam-jam lamanya, biasanya dimulai pukul 7 pagi dan berakhir hingga tengah hari. Isinya mayoritas sambutan dari beragam petinggi kampus. Momen yang dinanti tentunya prosesi pemindahan tali toga oleh Rektor. Proses ini tak berlangsung lebih dari 5 menit, tapi kamu harus antre berjam-jam! Jika kamu mengikuti wisuda daring, prosesi pemindahan tali toga bisa dilakukan oleh orang tua, lebih sakral kan?

Jomlo Saat Wisuda? Tak Masalah

Dalam kamus wisuda, ada aturan tak tertulis mengenai pendamping wisuda. Buat kamu yang sudah punya tambatan hati, tentunya tak perlu repot mencari pendamping wisuda. Bila kamu lagi jomlo, biasanya akan jadi beban tersendiri. Tak heran jika ada jasa penyedia pendamping wisuda yang siap membantu keresahan para jomlo. Dalam wisuda daring, tentu peran pendamping wisuda sudah tak signifikan lagi.

Rupanya wisuda daring banyak sisi positifnya, karena memang yang terpenting adalah ilmu yang didapat, bukan hanya sekedar prosesi seremonial.**

Spread the love