081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Rotary D3420 Motivasi Perempuan Semangat Berkarya

Rotary D3420 Motivasi Perempuan Semangat Berkarya

Haidiva.com – Bertepatan dengan peringatan Hari Ibu yang jatuh setiap Bulan Desember, Rotary District 3420 menyelenggarakan acara Family Day.

Hal itu tampak seperti yang dilakukan oleh fellow rotarian, sebutan bagi para member, menggelar family gathering dengan puncak acara menampilkan para UMKM binaannya, Minggu (19/12/2021).

Rotary District 3420 fokus berkontribusi dalam menjalankan aksi sosial, salah satunya ialah memotivasi perempuan agar semangat berkarya.

1.Segudang Fokus Kegiatan Sosial

District Governor 3420, Cindy Bachtiar

District Governor, Cindy Bachtiar, dalam acara tersebut mengisi acara bertemakan Women Empowerment membahas kegiatan yang sudah dilakukan oleh Rotary sekaligus mengenai 7 fokus kegiatan sosial Rotary.

Tujuh fokus Rotary tersebut adalah perdamaian, pelestarian lingkungan, kesehatan anak, sanitasi, literasi dan pencegahan penyakit.

2.Edukasi Seputar Thalasemia

Salah satu fokus Rotary ialah bagaimana masyarakat mengetahui penyakit thalassemia. Thalasemia merupakan kelainan darah yang membuat penderitanya mengalami keluhan cepat lelah, mudah mengantuk, hingga sesak napas. Kelainan ini diturunkan dari orangtua atau genetik.

Talkshow seputar penyakit thalesemia

Maka dari itu, Rotary tak ragu untuk memberikan pelayanan, selain talkshow seputar thalesemia juga membuka Health Corner yaitu Thalassemia screening, Medical chek up, akupuntur dan Fisioteraphy secara gratis.

3.Miliki Binaaan UMKM

Pada puncak acara family day, Rotary D 3420 memamerkan hasil binaan UMKMnya. Rotary membuka lebar program binaan untuk para UMKM. Hal ini untuk mendukung ekonomi nasional.

Dwi Santi, Ketua Rotary Surabaya Kaliasin tampil cantik mengenakan outfit karya UMKM binaan Rotary

“Untuk ibu-ibu kami beri pelatihan soft skill. Dengan begitu ibu-ibu ini bisa menciptakan usaha yang membantu keluarga. Banyak dari para UMKM yang diisi oleh para ibu-ibu. Mereka punya peran penting dalam keluarga, sekaligus ekonomi nasional,” ucap Cindy

4.Edukasi Dampak Pernikahan Dini

Program tahun 2022 ialah Riotary bantu cegah pernikahan dini

Dalam kesempatan itu, Cindy Bachtiar juga menjelaskan mengenai program-program yang akan dilakukan di tahun 2022 oleh Rotary area Jawa Timur misalnya program penyuluhan untuk anak-anak mengenai edukasi seksual dan juga dampak dari pernikahan dini.

“Banyak perempuan yang harus putus sekolah dan menikah dini. Padahal pernikahan dini di usia remaja belum siap untuk mental maupun fisik si perempuan. Banyak juga kasus nikah siri yang merugikan. Di sini kami ingin menggandeng mereka mulai dari remaja untuk tumbuh kesadaran aku harus sekolah dan aku harus sukses,” kata Cindy

“Jadi harus di edukasi itu, kalau engga usia 13, 15 banyak sekali pernikahan dini, 80 persen perceraian itu pasangan dari pernikahan dini,” ucapnya

5.Cegah Putus Sekolah, Utamakan Porsi Anak Perempuan

Rotary kedepan di tahun 2022 akan canangkan program Berseri, Salah satu aksi sosial bagi buku dibidang pendidikan

Selain itu pada tahun 2022, Rotary juga fokus pada bidang pendidikan lewat program ‘Berseri’, dengan memberikan bantuan untuk anak dari keluarga tidak mampu. Sementara ini, Rotary akan bekerjasama dengan Pemkot Surabaya (pilot project), untuk membantu biaya diluar kebutuhan sekolah.

Nantinya selain Surabaya, juga akan menular di seluruh District 3420. Hal itu diungkapkan oleh Siani Hadiprajitno, Ketua Program Berseri Rotary D 3420. Program ini sendiri diperuntukkan untuk anak dibawah usia 19 tahun.

“Selain kami bantu ini, juga kami dukung soft skillnya mulai sejak dini kami libatkan dalam kegiatan di masyarakat,”

“Program ini juga untuk mendukung program dari District Girl Empowerment, jadi lebih banyak untuk porsi anak perempuan, karena kami punya semangat ‘bersama kita cegah putus sekolah’,” pungkas Siani.

Spread the love