081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Review Film “Another Child”, Anak Jadi Korban Perselingkuhan

Review Film “Another Child”, Anak Jadi Korban Perselingkuhan

Haidiva.com-Siapa yang paling dirugikan ketika perselingkuhan dalam rumah tangga terjadi? Anak-anak. Premis inilah yang ingin disampaikan film asal Korea Selatan berjudul Another Child (Mi Seong Nyeon), diluncurkan April 2019. 

Kisahnya bermula saat pelajar SMA Kwok Joo-ri (Kim Hye-jun) memergoki ayahnya, Kwok Dae-won (Kim Yoon-Seok), berselingkuh dengan pemilik warung nasi bebek Min Mihee (Kim So-Jin). Joori yang sempat kepergok Mihee segera kabur tak mengindahkan ponselnya yang terjatuh. 

Ponsel itu kemudian dipungut oleh Yoon Ah (Park Se-jin), anak Mihee dari perkawinan sebelumnya. Yoon Ah ternyata teman satu sekolah berbeda kelas dengan Joori. Joori di kelas anak-anak pintar, sedangkan Yoon Ah di kelas anak-anak bermasalah.

Mereka bertemu di atap sekolah. Joori ingin menyelesaikan kasus perselingkuhan ayahnya sendirian. Saat konfrontasi, tiba-tiba ibu Joori, Young-joo (Yum Jung-ah), telepon. Alih-alih menyerahkan ke Joori, Yoonah malah berkata Daewon selingkuh dengan ibunya. 

Singkat cerita, Young-joo pergi ke warung Mihee karena ingin melihat selingkuhan suaminya. Ia melihat Mihee mengangkat telepon dari suaminya dengan mesra. Tak bisa menahan emosi, Youngjo pergi tanpa sempat makan meski telah membayar pesanan. Mihee yang pembelinya pergi segera mengejar dan menyentuh lengan Young-joo. Ibu Joori itu mengibaskan lengannya sampai Mihee jatuh dan pendarahan. Mihee ternyata hamil anak Daewon. 

Baca juga: Review Drakor ‘When the Camellia Blooms’

Cerita bergulir Mihee masuk rumah sakit, melahirkan bayi laki-laki prematur. Sementara Daewon kabur. Dua remaja putri, Yoon Ah dan Joori, yang akhirnya memanggul beban akibat perselingkuhan ini. Merekalah yang berbagi peran mengurus Mihee yang sama sekali tak mau menengok dan menyusui anaknya, menghibur Young-joo yang kecewa dengan perselingkuhan sekaligus merasa bersalah karena mendorong WIL suaminya. 

Review Film Korea “Another Child”, Korban Perselingkuhan Adalah Anak

Yoon Ah dan Joori pula yang sering menengok adik laki-laki mereka sambil membawa kasut bayi. Bagaimana akhir sengkarut masalah ini? Tentu tak lagi menarik kalau  diceritakan. Tapi pelajaran yang bisa dipetik, anak-anak korban perselingkuhan dipaksa dewasa lebih cepat agar bisa memahami masalah orang tua. 

Contohnya Yoon Ah, gadis 15 tahun ini bersikukuh mengembalikan uang pengobatan ibu dan adik laki-lakinya yang telah dibayarkan oleh Young-joo. Ia tak ingin terus-terusan merasa bersalah karena kelakuan ibunya. Sedangkan Joori, anak yang serba kecukupan materi dan kasih sayang orang tuanya ini ternyata mampu menjadi sandaran ibunya tanpa harus terlihat cengeng. 

Nasib adik laki-laki mereka juga tak kalah malang. Sedari lahir, ibu dan ayahnya tak mau menengok. Untungnya masih punya dua kakak perempuan yang mengasihinya. 

Baca juga: Alasan Mengapa Drama The World of Married Disukai Penonton Perempuan

Film yang disutradarai sendiri oleh Kim Yoon Seok ini juga menampar pandangan stereotipe masyarakat yang menganggap perselingkuhan itu karena pelakor atau karena istri gagal melayani suami. Pusat masalah di Another Child adalah Daewon bukan empat perempuan di sekitarnya. Begitu pula dengan pandangan guru yang membedakan murid berdasarkan nilai tanpa mencari lebih jauh penyebabnya. 

Review Film Korea “Another Child”, Korban Perselingkuhan Adalah Anak

Jajaran pemain di Another Child mampu berakting pas, tanpa dramatisasi yang berlebihan. Kim Yoon Seok tentu dikenal sebagai pemain watak antagonis, protagonis, maupun abu-abu. Kali ini, ia menampilkan peselingkuh bertampang innocent.  Yum Jung-Ah sanggup bermain dengan spektrum karakter ibu yang luas, tidak dibayang-bayangi perannya sebagai ibu ambisius di SKY Castle maupun ibu tunggal di film Cart.

Hanya saja bintang di film ini adalah dua aktris muda Kim Hye Jun dan Park Se Jin. Mereka tetap bisa bermain sebagai remaja 10 tahun lebih muda daripada aslinya, baik secara wajah maupun tindak tanduknya. Hanya saja, ending film ini mungkin tak memberi kepuasaan bagi penonton yang menyukai kisah yang dramatis atau karma bagi sang antagonis di Another Child. Tapi solusi itu yang paling realistis dan banyak terjadi di banyak kasus mendua di rumah tangga. Total keseluruhan, Haidiva memberi nilai 8 dari 10.

Spread the love