081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Museum Unik Berbagai Negara, Pernah Kunjungi?

Museum Unik Berbagai Negara, Pernah Kunjungi?

Haidiva.com-Kita biasanya mengidentikkan museum dengan benda-benda sejarah suatu negara, mulai dari benda purbakala, peninggalan kerajaan, atau bahkan zaman perang. Namun sesungguhnya, koleksi museum amat beragam, beraneka benda peradaban manusia. Sejumlah museum dari berbagai negara menghadirkan benda unik yang jarang kita duga.  

Bukan cuma museum biasa, beberapa negara ini memiliki tempat menyimpan benda-benda unik bagi sejarah hidup manusia. 

Museum Patah Hati di Kroasia

Museum Unik Berbagai Negara (AFAR)

The Museum of Broken Relationships di Zagreb Croatia menampilkan barang-barang yang dibuang oleh orang dengan alasan kenangan mantan. Museum ini didirikan oleh Drazen Grubisic dan Olinka Vistica karena kerap dicurhati teman-teman mereka setelah putus percintaan. Mereka berharap museum ini menjadi terapi bagi mereka yang baru mengalami patah hati. 

Baca juga: Tur KRL ke Wisata Kota Tua 

Museum seks di berbagai negara

Museum Unik Berbagai Negara, salah satunya Museum Seks di China (Photo by China Photos/Getty Images)

Ternyata jenis museum ini tak unik-unik amat karena banyak negara yang memiliki. Cina memiliki museum seks di Tongli, Suzhou yang didirikan oleh Liu Dalin. Museum ini menampilkan koleksi keramik, patung perunggu, dan artefak erotis kuno yang menggambarkan peradaban seks di masa lampau.

Korea Selatan memiliki dua museum seks, Loveland di Jeju dan Asia Eros Museum. Loveland membumbui karya seni dengan sense humor yang erotis sedang  Asia Eros menceritakan tentang peradaban seks di negara-negara Asia lewat peninggalan sejarah.  

Museum seks di Jepang diberi nama House of Hidden Treasures yang populer sejak tahun 1971. Sedangkan India memiliki Antarang Museum yang menjelaskan mengenai penyakit menular seksual dan pencegahannya. Museum yang terletak di Mumbai ini juga menampilkan naskah Kama Sutra yang terkenal dari India. 

Baca juga: Rekomendasi Wisata Museum Surabaya

Museum mie instan di Jepang

Museum Unik Berbagai Negara, Museum Ramen di Jepang (Spot Japan)

Bicara soal museum aneh, Shin-Yokohama Ramen di Jepang tak boleh dilupakan. Tempat ini memamerkan sejarah mie instan mulai dari kemasan, mangkoknya, hingga aneka bentuk sumpit. Maklum saja, Jepang lah pelopor mie instan. 

Museum santet di Surabaya, Indonesia

Museum Unik Berbagai Negara (Berita Benar)

Benda alat santet ini sebenarnya merupakan bagian dari Museum Kesehatan Adhyatma Kementerian Kesehatan. Ratusan benda yang dianggap punya sihir ini menunjukkan pola pikir orang lampau yang menganggap penyakit bisa dikirim dan disembuhkan dengan cara supranatural.

Spread the love