081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Rekomendasi Wisata Sejuk Akhir Tahun, Tenang Menyegarkan

Rekomendasi Wisata Sejuk Akhir Tahun, Tenang Menyegarkan

Haidiva.com-Dari puncak gunung berapi yang tinggi di Jawa hingga lanskap terjal di Sumatera, selalu ada wisata yang bisa dinikmati untuk menyambut akhir tahun. Meskipun dikenal dengan iklim tropis, pengalaman di daerah-daerah ini masih dapat memberikan kesan sejuk dan memukau.

Saat menjelajahi Indonesia, mantel mungkin tidak terlalu diperlukan dalam daftar barang bawaan, namun, untuk liburan di daerah yang dingin kali ini, sebuah pakaian hangat akan menjadi kebutuhan penting, baik untuk mendaki gunung, mengeksplorasi keunikan budaya, atau sekadar menikmati panorama yang indah.

Inilah daftar wisata sejuk akhir tahun yang direkomendasikan platform Agoda.

Melintasi Medan Pendakian

Indonesia menjadi surga bagi para pendaki dengan keindahan alam dan lanskap yang beragam. Dengan hutan hujan yang luas, gunung-gunung megah, dan lembah-lembah yang indah, negara ini menyediakan berbagai peluang untuk memuaskan hasrat para pecinta alam bebas.

  1. Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru, Jawa Timur

Terletak di Jawa Timur, Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru menawarkan pesona tak tertandingi bagi petualang dan pencinta alam. Gunung Bromo menarik perhatian dengan kalderanya yang luas, kawah berapi yang mengeluarkan asap, dan langit malam yang berbintang, memberikan pemandangan yang tak terlupakan. Selain Gunung Bromo, Taman Nasional ini juga rumah bagi Gunung Semeru, dengan suhu sekitar 10-20 derajat Celsius sepanjang tahun, memberikan kenyamanan bagi pendaki yang mencoba tantangan mendaki gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Baca juga: Wisata tenang di Jawa Timur

  1. Prau, Wonosobo, Jawa Tengah

Dengan ketinggian 2.565 meter, Gunung Prau memiliki suhu sekitar 10-17 derajat Celsius, menjadikannya gunung yang ramah bagi pendaki pemula. Puncak Gunung Prau menawarkan pemandangan menakjubkan jajaran Gunung Merapi, Merbabu, Lawu, Sindoro, dan Sumbing, serta savana yang memperindah panorama alamnya. Jalur pendakian yang beragam, seperti Dieng, Patakbanteng, Kalilembu, Dwarawati, dan Wates, memberikan pengalaman pendakian yang berbeda sesuai dengan tingkat kesulitan dan keindahan alam sekitarnya.

Berbaur dengan Budaya dan Penduduk Setempat

Meresapi keindahan budaya sambil berinteraksi dengan penduduk lokal menciptakan petualangan tak terlupakan. Keanekaragaman warisan budaya Indonesia, tradisi yang memukau, dan keramahan masyarakat menciptakan momen ajaib bagi para wisatawan.

  1. Wamena – Papua
SONY DSC

Kota Wamena, terletak di wilayah pegunungan tengah Papua, menawarkan pengalaman unik dengan suhu sekitar 14-26 derajat Celsius. Berinteraksi dengan suku Dani, salah satu suku besar di Papua, merupakan pengalaman istimewa bagi wisatawan yang menjelajahi Lembah Baliem. Trekking di lembah ini memungkinkan pengunjung untuk mengunjungi desa-desa tradisional suku Dani, mengikuti ritual kuno, dan merasakan tarian dan tradisi perang yang unik.

  1. Dataran Tinggi Dieng – Jawa Tengah

Dataran Tinggi Dieng, di Provinsi Jawa Tengah, menawarkan keindahan alam dan situs-situs budaya yang menarik. Dengan suhu sekitar 10-19 derajat Celsius, daerah ini memberikan iklim nyaman untuk mengeksplorasi candi kuno, tradisi Hindu, seni pertunjukan tradisional, dan kerajinan tangan lokal. Festival budaya, seperti Festival Parade Budaya Dieng, menjadi kesempatan untuk menikmati seni dan pameran budaya yang memperkaya pengalaman wisatawan.

Baca juga: Liburan ke dewa wisata di Indonesia, unik dan menyenangkan

Pemandangan Indah dan Relaksasi

Glamping sambil menikmati alam Gunung Lawu (Picsay)

Indonesia menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, menjadi tempat yang sempurna untuk mencari ketenangan dan relaksasi. Pantai yang alami, lembah hijau, dan gunung-gunung menjadikan Indonesia sebagai destinasi relaksasi yang sempurna.

  1. Bukittinggi – Sumatera Barat

Bukittinggi, terletak di dataran tinggi Minangkabau, Sumatera Barat, menawarkan pengalaman relaksasi yang tak tertandingi. Diapit oleh bukit-bukit hijau dan lembah-lembah yang menawan, kota ini memiliki suhu sejuk antara 16-27 derajat Celsius. Ngarai Sianok, dengan dinding batuan curam dan sungai yang mengalir, menciptakan pemandangan alam yang spektakuler, sementara Taman Panorama memberikan pemandangan kota yang menakjubkan.

  1. Berastagi – Sumatera Utara

Berastagi, dengan cuaca sejuk berkisar antara 14-22 derajat Celsius, merupakan destinasi relaksasi yang sempurna. Terletak di dataran tinggi Karo, Sumatera Utara, kota ini dikelilingi oleh keindahan pegunungan dan perkebunan yang menakjubkan. Gunung Sibayak menawarkan pendakian yang menyenangkan, sedangkan Pemandian Air Panas Lau Debuk-Debuk memberikan tempat relaksasi yang menyegarkan. Dengan pemandangan alam yang memukau, seperti Air Terjun Sipiso-Piso dan Bukit Gundaling, Berastagi menjadi tempat ideal untuk melepaskan diri dari hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari.

Dengan beragam destinasi di dataran tinggi Indonesia, para wisatawan dapat menikmati keindahan alam, menjelajahi budaya yang kaya, dan merasakan ketenangan di tempat-tempat yang berbeda di seluruh negeri.

Spread the love