081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Prediksi Tren Kuliner 2022, Peluang Bisnis Makanan

Prediksi Tren Kuliner 2022, Peluang Bisnis Makanan

Haidiva.com-Tahun 2021 sebentar lagi akan berlalu. Bagi para pencari peluang, langkah ini menjadi momentum untuk memulai bisnis baru. Salah satunya adalah bisnis makanan yang dipengaruhi tren kuliner.

“Tren kuliner 2021 masih mempengaruhi di tahun 2022,” kata konten kreator dan naravlog kuliner Magdalena Fridawati atau yang akrab disapa Mgdalenaf, dikutip dari Antara.com.

Bagi kamu yang tertarik membuka bisnis kuliner di tahun 2022, beberapa jenis makanan ini bisa menjadi pilihan.

Makanan tradisional

Magda mengatakan makanan tradisional merupakan makanan yang menjadi tren di tahun 2021. Makanan ini dikemas lebih modern dan higienis sehingga bisa dikirim ke luar kota.

Baca juga: Strategi bisnis kuliner selama pandemi Covid-19

“Karena sekarang kebutuhan masyarakat demandnya adalah praktis dan higienis, akhirnya sekarang banyak UMKM yang menyajikan makanan di dalam kemasan yang praktis dan higienis gitu. Bisa dikirim ke luar kota, seluruh Indonesia,” lanjutnya.

Makanan Korea

Melejitnya drama Korea maupun musik Korea menyebabkan makanan yang berasal dari sana ikut digemari. Magda mengatakan bahwa makanan-makanan yang terinspirasi dari film maupun drama Korea juga menjadi tren di tahun 2021. Misalnya saja seperti permen dalgona yang menjadi tren di masyarakat akibat drama Korea “Squid Game”.

“Aku lihat ada juga yang dipengaruhi sama pop culture juga ya. Kayak film “Squid Game” kemarin, makanan Korea itu kan jadi in banget di Indonesia gitu. Misalnya dalgona candy,” ujar Magdalena.

Makanan plant base

Sementara itu untuk tren kuliner di tahun 2022 mendatang, Magdalena memprediksi bahwa makanan-makanan yang praktis dan higienis masih akan digemari di masyarakat. Selain itu, plant base juga akan semakin menjadi tren di tahun depan.

Baca juga: Fakta menarik di balik makanan Korea Selatan

“Orang-orang makin aware sama makanan sehat seperti plant based. Terus sesuatu yang tidak terduga juga kalo pop culture juga mempengaruhi tren kuliner,” kata Magdalena.

Hal serupa pun juga disampaikan oleh Chef Rinrin Marinka. Dia mengatakan bahwa tahun depan, makanan plant based dan Flexitarian akan semakin menjadi tren di tengah masyarakat.

“Kalau di tahun depan menurut aku, apalagi dengan adanya pandemi, semua maunya tuh sehat gitu. Sekarang yang paling penting itu sehat. Jadi plat based akan tren di tahun depan. Flexitarian it’s gonna be a big thing juga,” jelas Rinrin.

Spread the love