081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Pertanyaan untuk Perusahaan Saat Wawancara Kerja, Agar Tak Menyesal

Pertanyaan untuk Perusahaan Saat Wawancara Kerja, Agar Tak Menyesal

Haidiva.com-“Apa anda punya pertanyaan untuk kami?” kalimat ini sering dilontarkan oleh pemberi kerja kepada kita setelah wawancara kerja berakhir. Inilah kesempatan untuk mengenal lebih lanjut agar kita tak menyesal setelah bekerja di perusahaan tersebut.

“Pertanyaan ini bukan hanya untuk mengetahui peranan dan posisi yang kita lamar tetapi juga untuk mengetahui budaya perusahaan. Ingat, kamu mewawancarai mereka seperti mereka mewawancaraimu,’ kata Pakar Karir LinkedIn Blair Heitmann, seperti yang dikutip dari Marie Claire. Berikut 10 pertanyaan yang wajib kamu lontarkan kepada perusahaan pemberi kerja.

Apa target utama perusahaan dan strategi yang akan dan telah dilakukan?

Pertanyaan untuk Perusahaan Saat Wawancara Kerja, Agar Tak Menyesal /istimewa

Memahami target dan strategi perusahaan sangat penting dalam memahami peran dan tugasmu setelah bergabung. Heitmann mengatakan perusahaan biasanya akan fokus pada kebutuhan bisnis. Jika target dan strategi perusahaan sejalan dengan visi misimu, tak ada salahnya untuk bergabung.

Baca Juga: Tips Sukses Wawancara Kerja Online

Apa saja nilai atau prinsip perusahaan?

Pertanyaan untuk Perusahaan Saat Wawancara Kerja, Agar Tak Menyesal /istimewa

Pertanyaan ini penting untuk mengetahui keseusaian antara nilai yang kamu anut dan nilai yang perushaan terapkan. Luangkan waktu untuk membaca profil perusahaan sebelum bekerja dan tanyakan di bagian yang kamu masih ragu.

Bagaimana perusahaan menangani dampak pandemi COVID-19?

Pertanyaan untuk Perusahaan Saat Wawancara Kerja, Agar Tak Menyesal /istimewa

Jawaban dari pertanyaan ini bisa menunjukkan seberapa luwesnya perusahaan menghadapi hal-hal tak terduga. Jawaban juga menunjukan bentuk dukungan terhadap karyawan terdampak COVID-19.

Bagaimana budaya kerja tim di perusahaan?

Pertanyaan untuk Perusahaan Saat Wawancara Kerja, Agar Tak Menyesal /lesintern

Tujuannya agar kamu tahu kinerja yang lebih dihargai perusaahaan. Jawaban atas pertanyaan ini juga menunjukkan delegasi tugas dan tanggung jawab bila ada kesalahan kerja.

Baca juga: Perempuan yang pimpin perusahaan terbaik versi forbes Indonesia

Bagaimana tanggung jawab pekerjaan sehari-hari?

Pertanyaan untuk Perusahaan Saat Wawancara Kerja, Agar Tak Menyesal /VCG

Di sini, kamu bisa mengetahui saatnya harus lembur dan tidak. Begitu pula beban yang terpaksa harus dikerjakan saat di rumah maupun di luar jam kantor. Ingat, kesehatan fisik dan jiwa kita sangatlah penting.

Apa ketrampilan yang paling dibutuhkan selama bekerja?

Pertanyaan untuk Perusahaan Saat Wawancara Kerja, Agar Tak Menyesal /istimewa

Ada beberapa perusahaan yang lebih mengutamakan kreativitas hasil dibanding kecepatan memproduksi. Begitu pula perusahaan lain meski mempunyai produk bisnis yang sama. Kamu perlu tahu untuk mengukur kriteria hasil pekerjaanmu.Tanyakan pula, berapa lama waktu adaptasi mempelajari ketrampilan baru.

Bagaimana perusahaan mengukur kesuksesan?

Pertanyaan untuk Perusahaan Saat Wawancara Kerja, Agar Tak Menyesal /Shutterstock

Pertanyaan ini penting untuk memahami bagaimana kita bisa menjadi bagian dari keberhasilan tim. Tujuan lainnya agar kita bisa mengeluarkan usaha yang tepat sesuai dengan ukuran kesuksesan perusahaan.

Baca juga: Tips fokus bekerja saat pandemi

Bagaimana cara perusahaan meningkatkan kapasitas dan karier karyawan?

Pertanyaan untuk Perusahaan Saat Wawancara Kerja, Agar Tak Menyesal/Soteria

Pertanyaan ini memberi gambaran jelas tentang bagaimana perusahaan berinvestasi dan memperlakukan karyawan. Selain itu, menjadi motivasi kita sendiri untuk mengembangkan karier dan mencapai tujuan.

Apa saja kekurangan orang sebelumnya yang perusahaan ingin perbaiki?

Pertanyaan untuk Perusahaan Saat Wawancara Kerja, Agar Tak Menyesal/Creative Market

Bila bukan perusahaan yang baru berdiri, beri pertanyaan ini untuk mengetahui hal-hal yang dihindari saat bekerja. Jadi, kita tidak perlu meraba-raba tindakan yang boleh dan yang terlarang.

Heitmann mengatakan posisi karyawan dan perusahaan pemberi kerja adalah setara. Bila jawaban perusahaan dari pertanyaan saat wawancara kerja itu tidak sesuai denganmu, tidak ada salahnya untuk menolak agar kamu tak menyesal setelah bergabung.

Spread the love