081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Penyebab Tetap Gemuk Meski Rajin Olahraga

Penyebab Tetap Gemuk Meski Rajin Olahraga

Haidiva.com-Kunci badan tetap ramping dan sehat ialah rajin berolahraga dan makan cukup gizi. Namun, ternyata tak semudah itu. Banyak orang yang tetap gemuk meskipun rajin olahraga.

Dikutip dari Conversation Indonesia, ada beberapa hal yang menyebabkan orang susah menurunkan berat badan meskipun telah rajin berolahraga.

Malas bergerak selain berolahraga

Malas bergerak di luar jam olahraga menyebabkan susah turun badan

Karena merasa sudah cukup berolahraga, kita menjadi sering malas berolahraga. Alih-alih beberes rumah, kita lebih memilih menonton drama Korea seharian. Mengendarai motor atau mobil menjadi opsi saat keluar rumah padahal lokasi yang dituju kurang dari 1 kilometer.

Baca juga: Makan sedikit tetap gemuk, ini alasannya

Makan lebih banyak

Percuma olahraga bila makan junkfood jalan terus (istimewa)

Olahraga keras tanpa mengurangi porsi makan yang tepat akan sulit membawa hasil. Guru besar bidang kesehatan dari University of South Australy Tim Olds mengatakan banyak orang menghadiahi diri mereka dengan makanan setelah berlatih keras.

Penelitian yang Tim Olds lakukan menunjukkan bahwa perempuan lebih rentan makan setelah latihan. Alhasil defisit energi menjadi tak maksimal. Banyak pula orang yang merasa lapar setelah berolahraga karena terlalu banyak berkeringat padahal yang ia butuhkan hanya air minum. Rasa haus sering menyaru menjadi lapar.

Berkurangnya angka metabolisme basal

Makan Sedikit Tetap Gemuk? Ini Penyebabnya
Makan sedikit tetap gemuk (istimewa)

Menurunnya angka metabolisme basal menyebabkan kita sulit menurunkan berat badan. Survei terhadap kontestan The Biggest Loser menunjukkan orang yang kurus kemudian gemuk mempunyai angka metabolisme basal yang menurun daripada mereka yang sedari awal sudah gemuk.

Baca juga: Diet vegetarian, fokus makan sayuran dan buah-buahan

Kita tak mampu mengatasi berkurangnya angka metabolisme basal hanya lewat pengurangan makanan. Namun demikian, sejatinya kondisi ini bisa diatasi dengan olahraga teratur dan aktif bergerak.

Otot bertambah banyak

Yulia Baltschun berhasil mengubah lemak menjadi otot. Badan ideal tanpa terlihat kurus (ig Yulia Baltschun).

Kita bisa jadi tidak berkurang berat badannya setelah rutin berolahraga tetapi sebenarnya sudah kehilangan lemak tubuh. Lemak ini digantikan oleh massa bebas lemak. Dengan adanya massa bebas lemak, berat badan tak turun tapi bisa terlihat lebih ramping karena telah berganti otot.

Untuk mengurangi berat badan yang dikarenakan massa bebas lemak solusinya ialah melakukan latihan angkat beban. Pola makan yang tinggi protein dan karbohidrat perlu dikurangi menjadi banyak sayuran dan buah-buahan

Spread the love