081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Pecinta Kopi, Ayo Kenalan dengan Minuman Lokal Ini

Pecinta Kopi, Ayo Kenalan dengan Minuman Lokal Ini

Haidiva.com-Bagi pecinta kopi, menikmati minuman dengan gaya barat. Mulai dari espreso, cappuccino, americano, latte, hingga cold brew. Padahal, minuman berbahan kopi dengan gaya lokal tak kalah menarik untuk dinikmati.

Dikutip dari berbagai sumber, inilah beragam minuman kopi lokal yang sayang dilewatkan.

Kopi tubruk

(Travel Bisnis)

Kopi tubruk merupakan minuman yang dibuat ddengan cara menuangkan air panas ke bubuk kopi. Untuk menambah kenikmatan, kopi tubruk bisa ditambahi gula maupun tidak. Warnanya cenderung pekat. Minuman ini paling mudah ditemukan di seluruh Indonesia.

Baca juga: Ketahui perbedaan kopi arabika, robusta, dan liberika

Kopi kopyok

Kopi kopyok Aston Jatim

Minuman ini populer di Gresik, Jawa Timur. Bahannya harus dari kopi yang ditumbuk kasar. Saat air mendidih dituang ke dalam cangkir, biji kopi kasar itu akan mengambang hingga membentuk kubah di permukaan.

Cara meminumnya dengan mengaduk cepat hingga biji kopi mulai tenggelam. Adukan yang seperti mengopyok itulah yang membuat minuman ini dikenal sebagai kopi kopyok.

Kopi walik

Media center temanggung

Bagi pecinta minum kopi dengan cara disruput, kopi walik bisa menjadi cara yang menyenangkan. Bahannya bisa jenis kopi hangat apapun asal digunakan dengan teknik yang sama. Model penyajian kopi walik dengan cara membalikkan cangkir atau gelas ke tatakannya.

Baca juga:

Aliran air kopi yang perlahan keluar di tatakan bisa dinikmati dengan cara disruput. Teknik meminum kopi ini banyak ditemukan di daerah Yogyakarta, Lamongan, dan Tuban.

Kopi rempah jamu

Kopi umumnya disajikan dengan menambah susu, krimer, atau bahkan cokelat. Tapi kopi rempah jamu bisa menjadi salah satu pilihan. Beberapa bahan rempah yang biasanya digunakan adalah jahe, cengkeh, kayu manis. Ada juga yang menambahi dengan kunyit, kencur, atau temulawak.

Kopi rempah atau kopi jamu ini tak hanya nikmat sebagai kopi tetapi juga memperbaiki daya tahan tubuh. Kopi ini dikenal di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Spread the love