Olah Raga Mudah untuk Anak di Rumah

Olah Raga Mudah untuk Anak di Rumah

Haidiva.com-Selama pandemi corona atau COVID-19, anak-anak sementara belajar dari rumah. Sementara itu, taman bermain anak juga ditutup untuk mencegah penyebaran COVID-19. Alhasil, anak lebih banyak berada di rumah dan minim aktivitas. Padahal, menurut Centres of Disease Control and Prevention di Amerika Serikat, anak usia 6-17 tahun harus berolah raga minimal satu jam setiap hari.

Aktivitas fisik atau olah raga pada anak-anak penting untuk memperkuat tulang, mencegah penyakit, dan menjaga berat badan. Karena rutinitas di luar belum aman sampai sekarang, olah raga bisa dilakukan di rumah. Berikut enam jenis olah raga mudah yang bisa dilakukan anak di rumah.

Skipping atau lompat tali

Olah raga yang sederhana dan mudah dilakukan anak-anak untuk meningkatkan kebugaran fisik di rumah. Selain menyehatkan, skipping bermanfaat bagi penguat otak. Agar tak terlalu panjang maupun pendek, pilih yang panjangnya sebahu anak saat  tali dilipat jadi dua.

Baca juga: Bakar Lemak di Rumah

Forward Lunges

Gerakan olah raga ini membantu meningkatkan keseimbangan dan memperkuat kaki anak. Caranya mudah, mereka hanya melangkah maju dengan satu kaki dan menurunkan pinggul sampai tekukan lutut membentuk sudut sekitar 90 derajat. Pastikan badan mereka lurus saat melakukan latihan ini.

Planks

Gerakan olah raga ini meningkatkan fleksibilitas otot, meningkatkan keseimbangan, membentuk postur, dan menghilangkan sakit punggung. Mintalah anak berposisi ini selama 10 detik, kemudian waktunya bisa ditingkatkan.

Stretching

Meski kelihatannya mudah, olah raga ini dapat meningkatkan fleksibilitas dan postur anak. Peregangan juga bermanfaat untuk mengurangi ketengangan pada otot, meingkatkan sirkulasi darah, dan koordinasi otot.

Baca juga: Tips Olah Raga untuk Pemula hingga Ahli

Pose Bridge

Yoga (Bridge Pose)

Pose ini adalah latihan yoga yang menenangkan dan membantu mengurangi stress. Saat melakukan gerakan ini, dadam punggung, dan leher akan lebih fleksibel serta kaki dan punggung akan kuat. Caranya, baringkan anak dengan posisi telentang, letakkan tangan di samping tubuh. Kemudian, angkat pinggul dari lantai sambil menjaga punggung tetap lurus. Kemudian kembali ke posisi semula.

Child Pose

Ini adalah pose olah raga yang menenangkan atau merilekskan otot tegang serta membantu memperlancar pencernaan. Caranya, ajak anak berlutut dengan jari-jari kaki menyatu. Letakkan telapak tangan di paha, kemudian condongkan tubuh ke depan dan rentangkan tangan di samping tubuh. Lemaskan bahu ke bawah, dan beristirahatlah selama yang anak suka.

Kelihatannya, olah raga mudah ini tak hanya bermanfaat bagi anak. Kita juga bisa mempraktikkan sendiri saat di rumah**

Spread the love