Natalie Portman Lakukan Aksi Protes Lewat Gaunnya di Oscar 2020

Natalie Portman Lakukan Aksi Protes Lewat Gaunnya di Oscar 2020

Haidiva.com-Aktris Natalie Portman mencuri perhatian di ajang Academy Awards 2020. Dalam pagelaran yang berlangsung di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat Minggu (9/2) waktu setempat itu, ia mengenakan gaun rancangan Dior. Bukan sembarang gaun, Natalie memilih gaun berkerah tinggi dengan paduan warna emas dan hitam. Dilengkapi dengan jubah hitam panjang bertuliskan nama para sutradara perempuan yang tak masuk dalam nominasi Oscar 2020.

Portman memakai jubah itu sebagai bentuk protes karena tidak adanya sutradara perempuan yang mendapatkan nominasi dalam ajang Oscar 2020. Selain simbol protes, hal tersebut juga bentuk dukungan Portman untuk sutradara perempuan lain di luar sana.

Nama para sutradara perempuan tersebut dibordir dengan benang emas. Nama-nama itu di antaranya Marielle Heller (A Beautiful Day in the Neighborhood), Lulu Wang (The Farewell), Lorene Scafaria (Hustlers), Greta Gerwig (Little Women), Melina Matsoukas (Queen & Slim), Alma Har’el (Honey Boy), Mati Diop (Atlantics), dan Céline Sciamma (Portrait of a Lady on Fire).

decider.com

“Saya ingin mengenalkan para sutradara perempuan untuk karyanya yang luar biasa, namun kurang diapresiasi, dengan cara saya,” ujar Natalie Portman seperti dilansir Los Angeles Times.

Dalam acara Golden Globes 2018, Portman juga melakukan aksi serupa. Saat membacakan kategori sutradara terbaik, ia menyindir nominasi yang semuanya pria dengan menyebutkan “…and here are the all-male nominees.

Ajang penghargaan perfilman memang kurang mengapresiasi keberadaan sutradara perempuan. Sepanjang sejarah Academy Awards, hanya menominasikan lima nama sebagai sutradara perempuan. Kathryn Bigelow adalah satu-satunya perempuan yang telah memenangkan Academy Awards untuk film The Hurt Locker pada tahun 2009.

Spread the love