081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Meninggal Usia 99 Tahun, Fakta Menarik Pangeran Philip

Meninggal Usia 99 Tahun, Fakta Menarik Pangeran Philip

Haidiva.com-Duke of Edinburgh Pangeran Philip Mountbatten meninggal pada Jumat, 9 April 2021. Suami dari pemimpin Kerajaan Inggris Ratu Elizabeth II ini wafat di usia 99 tahun lebih dari 10 bulan. Dikutip dari Factinate, berikut fakta menarik tentang Pangeran Philip.

Pangeran Kerajaan Yunani yang terbuang

Pangeran Philip bersama orang tua dan empat kakaknya (Dok: Kerajaan Inggris)

Philip merupakan keluarga Kerajaan Yunani dan bisa disebut pewaris tahta. Karena perang, ia menghabiskan tahun-tahun pertama hidupnya di pengasingan kerajaan. Perang Turki dengan Yunani (1919-1922) menempatkan keluarga kerajaan di tempat yang buruk. Paman Philip, Raja Constantine I, dipaksa untuk melepaskan gelarnya. Ayah Philip sendiri, Pangeran Andrew, bahkan ditangkap.

Pada 1922, keluarganya melarikan diri ke Prancis. Bayi Philip yang berusia kurang dari setahun terpaksa diselundupkan di dalam kotak buah sebagai ranjang kerajaannya. Dia menganggap dirinya “orang Denmark” karena dibesarkan oleh Putri George dari Yunani dan Denmark.

Pecinta kopi

Berbeda dengan keluarga kerajaan lain, Pangeran Philip suka kopi (Daily Express)

Keluarga kerajaan terkenal suka dengan teh. Bahkan, tradisi minum teh di sore hari diadaptasi oleh orang Inggris dan bekas jajahan Inggris. Namun ternyata, Pangeran Philip sendiri tidak suka minum teh melainkan kopi hitam.

Baca juga: Camilan favorit para cicit Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip

Melawan kakak ipar di PD II

Pangeran Philip adalah tentara Kerajaan Inggris (Express)

Tahun 1939, Pangeran Philip mendaftar sebagai tentara Inggris dan ikut berperang dalam Perang Dunia II. Ini artinya, dia bertarung melawan dua saudara iparnya sendiri, Pangeran Christophe dari Hesse dan Berthold, Margrave dari Baden. Keempat saudara perempuan Philip menikah dengan bangsawan Jerman berpangkat tinggi, yang menempatkan mertuanya di pihak yang berlawanan dalam Perang Dunia II.

Pada Oktober 1942, Philip dipromosikan menjadi letnan satu HMS Wallace. Dia baru berusia 21 tahun sehingga menjadi salah satu letnan pertama termuda di Angkatan Laut Kerajaan.

Cinta pandangan pertama dengan sepupu

Pernikahan Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip

Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II adalah sepupu melalui dua garis keluarga. Mereka adalah sepupu melalui Ratu Victoria dari Inggris Raya. Mereka juga sepupu melalui Raja Christian IX dari Denmark.

Putri Elizabeth, kelak Ratu Inggris, dan Pangeran Philip jatuh cinta ketika mereka bertemu di usia 13 dan 18. Namun, mereka tidak bertunangan, sampai tahun 1946, ketika Pangeran berumur 25. Ayah Elizabeth, Raja George VI, berjanji akan menikahkan mereka ketika Elizabeth telah berusia 21 tahun.

Baca juga: Rahasia pernikahan awet Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip

Setelah menikah, Pangeran Philip memberikan hadiah kepada istrinya berupa berhenti merokok. Philip menggunakan berlian dari tiara ibunya untuk membuat cincin pertunangan Elizabeth. Dengan permata yang tersisa, dia juga membuatkan kekasihnya sebuah gelang pernikahan.

Penulis yang produktif

Buku karya Pangeran Philip

Pangeran Philip sebenarnya adalah seorang penulis yang produktif. Ia suka menulis buku tentang lingkungan, kuda, dan mata pelajaran hewan lainnya. Ringkasan singkat bibliografinya adalah sebagai berikut: Selected Speeches 1948-1955 (1957); Birds from Britannia (1962); Down to Earth (1988); and Survival or Extinction: A Christian Attitude to the Environment (1989).

Pilot dan pelaut handal

Pangeran Philip menyetir pesawat

Philip adalah anggota keluarga kerajaan Inggris pertama yang menerbangkan helikopter. Menjelang ulang tahunnya yang ke 70, Pangeran Philip telah mengumpulkan lebih dari 5.150 jam pilot. Dia telah menerbangkan pesawat sejak 1952.

Selain itu, Pangeran Philip dikenal sebagai pelaut handal. Dari tahun 1956 hingga 1957, Philip juga melakukan perjalanan keliling dunia dengan HMY Britannia. Dia menjadi orang kerajaan pertama yang melintasi Lingkaran Antartika.

Baca juga: Etika wajib perempuan Kerajaan Inggris

Jago melukis

Lukisan Pangeran Philip dengan obyek istrinya sendiri

Di antara hobi ningrat lainnya, Pangeran Philip jago melukis dengan cat minyak. Seniman Inggris dan penulis Hugh Casson menggambarkan karyanya sebagai “persis seperti yang Anda harapkan … benar-benar langsung, tidak tergantung. Warna-warna yang kuat, sapuan kuas yang kuat. ”

Fashion icon

HRH The Duke of Edinburgh wears a large straw hat to protect him from the heat (107 degees) during his visit to Australia 1957

Majalah GQ pernah menyatakan Pangeran Philip sebagai laki-laki dengan pakaian terbaik ke-33 di Inggris Raya. Lumayan, meski penhargaan itu tidak terlalu cocok untuk seorang suami ratu.

Pangeran bahkan jago mendaurulang celananya sehingga lebih kekinian. Ia pernag pernah meminta penjahitnya untuk menyesuaikan celana yang pertama kali ia kenakan 52 tahun lalu. Dipadukan dengan payung hitam, ia adalah kakek yang tetap gaya.

Tua tak jadi halangan bertugas

Pelayanan publik terakhir Pangeran Philip di tahun 2016, menghadiri peringatan gugurnya pahlawan perang Inggris (Hello Mag)

Pada 2016, Philip adalah anggota keluarga kerajaan tersibuk kelima. Pada usia 96 tahun, dia mencatatkan 110 hari bertugas melayani publik. Meskipun itu bukan kerja paksa, kita harus mencatat bahwa ia lebih banyak bekerja dibandingkan anggota laki-laki keluarga kerajaan yang lebih muda seperti Pangeran William dan Pangeran Harry.

Spread the love