081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Manfaat Tertawa, Obat Sehat Gratis

Manfaat Tertawa, Obat Sehat Gratis

Haidiva.com-Salah satu tanda rasa senang adalah tawa. Baik tawa kecil maupun terbahak-bahak, orang mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan. Tertawa menjadi obat gratis yang memperbaiki kondisi tubuh kita.

Peneliti dari Universitas Loma Linda di California, Lee Berk dan Stanley Tan, meneliti tentang manfaat tertawa bagi tubuh. Dikutip dari Gaiam.com, berikut manfaat tertawa bagi kesehatan.

Menurunkan tekanan darah

Sepasang kekasih yang tertawa bersama (istimewa)

Saat tertawa, tekanan darah perlahan akan normal. Tekanan darah yang normal akan mengurangi risiko terkena stroke dan serangan jantung. Jadi, mulailah membaca kisah lucu dan nikmati obat tawamu.

Baca juga: Film komedi horor asal Asia, hantu yang bikin tertawa

Mengurangi hormon pemicu stres

Bahagia itu sederhana (istimewa)

Ketika hormon stres berkurang, kecemasan dan perasaan tertekan bisa diminimalisir. Selain itu, pengurangan hormon stres dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Bayangkan, cerita lucu teman kerja ternyata bisa meredakan stres dan dapat membantumu bekerja lebih baik lagi.

Merangsang otot abs

Olah raga sambil tertawa, khasiat ganda (istimewa)

Salah satu manfaat tertawa adalah membantu perut lebih kencang. Saat tertawa, otot-otot perutmu akan berkontraksi seperti saat berolah raga. Sementara itu, otot yang tidak digunakan akan lebih rileks saat kamu tertawa. Sungguh, ini cara mengencangkan perut yang menyenangkan.

Meningkatkan kesehatan jantung

Tertawa bikin jantung lebih sehat (Webp)

Tertawa adalah latihan kardio yang bagus, terutama bagi orang yang tak bisa bebas bergerak karena keterbatasan fisik. Tertawa membuat jantu kita memompa dan membakar kalori dalam jumlah yang sama per jam seperti saat berjalan kaki. Jadi, tertawalah agar jantungmu sehat.

Baca juga: Ciri jasa cuddle profesional, menghilangkan stres

Meningkatkan sel T

Sel T biasanya keluar saat kita bergerak aktif (istimewa)

Sel T adalah sel yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh. Sel ini biasa baru ada ketika tubuh bergerak aktif. Saat tertawa, kamu mengaktifkan sel T yang segera mulai membantumu melawan penyakit. Lain kali, saat merasa sakit, tak ada salahnya menonton acara humor untuk mempercepat penyembuhan badan.

Memicu endorfin keluar

Tersenyum bisa jadi awal mula tertawa (istimewa)

Endorfin adalah obat penghilang rasa sakit alami tubuh. Dengan tertawa, Kamu dapat melepaskan endorfin yang dapat membantu meredakan nyeri kronis dan membuat tubuh merasa lebih baik.

Menghilangkan perasaan kesal

Tertawa bisa memperbaiki suasana hati yang kesal (istimewa)

Bukan hanya karena senang kita tertawa, tapi tertawa ternyata membuat hati lebih senang. Dua pakar kesehatan tersebut menemukan bukti bahwa orang yang suka tertawa memiliki pandangan hidup yang lebih positif sehinga lebih cepat mengatasi masalah dan melawan penyakit daripada orang yang suka cemberut.

Jadi, tersenyumlah, nikmati manfaat tertawa untuk hidup lebih lama. Toh tawa adalah obat sehat yang gratis.

Spread the love