081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Manfaat Cabai, Doyan Pedas Bikin Awet Muda

Manfaat Cabai, Doyan Pedas Bikin Awet Muda

Haidiva.com-Ada kabar menyenangkan bagi pecinta pedas atau sambal. Sebuah penelitian baru dari American Hearth Association Scientific Sessions 2020 menunjukkan bahwa makanan pedas dapat menghindarkan seseorang dari penyakit jantung atau kanker. Alhasil, pecinta pedas memungkinkan untuk hidup lebih lama dan awet muda.

Dikutip dari health.com, penelitian ini menganalisis lebih dari 4.729 studi sebelumnya dari lima database kesehatan global terkemuka. Database ini memuat pola hidup sehat dan kebiasaan makan lebih dari 570.000 orang Amerika, China, Iran, dan Italia. Hasilnya menunjukkan mereka pecinta cabai memiliki risiko yang lebih rendah untuk meninggal akibat penyakit jantung, kanker dan penyakit kronis lainnya sekitar 26 persen.

Penelitian juga menunjukkan cabai rawit dan jalapeno memiliki efek antiinflamasi, antioksidan, antikanker, dan mengatur glukosa darah. Ini manfaat cabai dan makanan pedas bagi kesehatanmu.

Baca: Ragam Nasi Pecel Jawa Timur, Pedas dan Banyak Sayur

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

iStock Images

Pakar kesehatan bersertifikat asal Amerika Serikat Tanya B. Freirich mengatakan cabai merah, termasuk cabai rawit, merupakan salah satu sumber vitamin A. Vitamin A diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh yang kuat, dan juga dikenal untuk membantu kesehatan mata.

Pakar kesehatan lain sekaligus penulis buku “The Protein-Packed Breakfast Club” Lauren Harris-Pincus menyebutkan cabai juga mengandung vitamin C tinggi. Manfaat vitamin c pada cabai dapat membantu fungsi kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan luka.

Perlindungan dari radikal bebas

Happy Bellfish

Manfaat lain dari vitamin A juga merupakan antioksidan yang kuat, seperti juga flavonoid seperti beta karoten, lutein, zeaxanthin, dan cryptoxanthin, yang semuanya terkandung di dalam cabai. Zat-zat tersebut membantu melindungi tubuh dari efek radikal bebas akibat stres yang dapat memicu kerusakan sel tubuh dan berbagai penyakit kronis.

Baca juga: Resep Jus Warna Warni Bikin Awet Muda

Menurunkan kolesterol “jahat”

The Tasty Tip

Cabai rawit dikenal dapat menurunkan kolesterol darah dan kolesterol “jahat” atau LDL serta trigliserida. Cabai dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mencegah penyumbatan darah, sehingga membantu mencegah serangan jantung dan stroke. Jurnal PLoS One yang diterbitkan tahun 2017 menemukan bahwa konsumsi cabai merah dikaitkan dapat menurunkan angka kematian akibat penyakit jantung dan stroke hingga 13 persen.

Meningkatkan metabolisme

Triage Method

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat menyebutkan lebih dari dua pertiga orang dewasa yang kelebihan berat badan atau obesitas. Kabar baiknya, makanan pedas dapat membantu orang dengan obestias menjaga kesehatan. Makanan yang mengandung cabai dapat meningkatkan metabolisme mereka sehingga terhindar dari risiko tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung koroner. Tentu saja, kondisi ini juga harus disertai dengan pola makan yang sehat, istirahat cukup, serta olahraga ringan teratur.

Ternyata banyak manfaat cabai dan makanan pedas bagi kesehatan. Tapi ingat, awas sakit perut dan diare karena terlalu banyak makan pedas.

Spread the love