Komunitas Wacana, Kampanyekan Selasa Berkebaya

Komunitas Wacana, Kampanyekan Selasa Berkebaya

HaiDiva.com- Kebaya identik dengan busana khas nusantara yang digunakan di acara-acara tertentu, seperti pernikahan, wisuda, atau acara formal lainnya. Sayangnya, kebaya jarang kita kenakan di kegiatan sehari-hari. Melihat hal ini, kampanye “Selasa Berkebaya” pun mulai bergaung di tanah air.

Banyak komunitas perempuan mulai melakukan kampanye ini, termasuk Komunitas Wacana (Wanita Cantik Memesona). Komunitas ini beranggotakan influencer dan perempuan inspiratif yang ada di Surabaya.

Selasa Berkebaya – Komunitas Wacana

“Kita ingin membangkitkan semangat para wanita untuk mengenakan kebaya, agar kebaya tetap lestari,” ujar Cynthia, Ketua Komunitas Wacana. Cynthia menambahkan, gerakan ini digalakkan agar perempuan Indonesia, terutama kelompok perempuan milenial, lebih mencintai budaya dan tidak segan-segan mengenakan kebaya dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk mengkampanyekan gerakan ini, media sosial menjadi mesin utama penggerak komunitas. “Setiap Selasa, kita upload foto kita yang sedang mengenakan kebaya. Kami berharap para perempuan di Surabaya bisa melakukan hal yang sama,” kata Elok Kadja, salah satu anggota Komunitas Wacana.

Agar tetap nyaman mengenakan kebaya, Elok memberikan tips untuk mengenakan kebaya dari kain katun yang menyerap keringat. Selanjutnya, memilih bawahan yang kainnya longgar agar kita tetap leluasa beraktivitas. Dan tak lupa memadu padankan kebaya dengan aksesoris agar terlihat tetap cantik.

Elok Kadja bangga berkebaya

Elok berharap gerakan Selasa Berkebaya dapat berkembang seperti Batik, yang dikenakan setiap Jumat. “Batik sudah diakui oleh dunia dan punya hari peringatan khusus. Kami juga ingin suatu saat nanti Kebaya diakui UNESCO juga. Nantinya para wanita ini makin kreatif mendesain kebaya, makin percaya diri dan mengenakan kebaya di kegiatan sehari-hari.” (kia)

Spread the love

Leave a Reply