Alasan Jumlah PNS Perempuan Lebih Banyak Tapi Jabatan Lebih Rendah

Alasan Jumlah PNS Perempuan Lebih Banyak Tapi Jabatan Lebih Rendah

HaiDiva.com- Hai Diva, tahukah kamu, jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) perempuan di Indonesia lebih banyak dibanding laki-laki? Sayangnya, PNS perempuan kebanyak mempunyai jabatan yang lebih rendah daripada laki-laki.

Data dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menunjukkan total jumlah PNS per 30 Juni 2019 adalah 4.287.526. Secara populasi, jumlah perempuan yang menjadi PNS masih lebih banyak dibanding laki-laki yakni 51%, namun tidak untuk segi jabatan.

Cakra Wikara Indonesia (CWI), lembaga riset politik dan kebijakan publik dengan perspektif gender, mengeluarkan hasil risetnya mengenai posisi jabatan eselon PNS di 34 Kementerian yang diduduki oleh perempuan. Data periode 2014-2016 menunjukkan, dari total jabatan eselon (I-V), hanya sekitar 23.48% diduduki oleh PNS perempuan.

Penyebabnya karena PNS perempuan mengalami beban ganda di ranah domestik dan publik. Tak hanya urusan kantor, mereka masih harus berkutat urusan rumah tangga dan pengasuhan anak sementara laki-laki cukup berfokus pada karier.

Eunike Prapti Lestari Krissetyanti, Kepala Subbagian (Kasubbag) Kinerja dan Konseling Biro Kepegawaian dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), mengatakan usia menjadi salah satu faktor yang menentukan posisi eselon. Dia mengatakan jenjang karier Eselon IV ke jabatan yang lebih tinggi biasanya berada di usia reproduktif perempuan dengan anak-anak yang masih kecil dan butuh perhatian.

“Tidak ada istilah berhenti sementara untuk mengurus keluarga bagi PNS perempuan,” ujar Eunike dilansir dari web Indonesiadevelopmentforum.com.

Nah Diva, pemerintah sedang membuka peluang menjadi CPNS saat ini. Peluang menduduki jabatan eselon ada di tanganmu bila kelak lolos seleksi. Dukungan pasangan membantumu menyeimbangkan karier dan rumah tangga. Laki-laki yang bisa berbagi peran domestik dengan pasangannya itu seksi.

Solusi lain, pilihlah kantor plat merah yang menyediakan tempat penitipan anak dan fasilitas ramah perempuan.
Selamat mencoba!

Spread the love

Leave a Reply