081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Ketahui Self Healing Lewat Lagu, Mau Mencoba?

Ketahui Self Healing Lewat Lagu, Mau Mencoba?

Haidiva.com– Mendengarkan lagu ternyata punya banyak manfaat. Musik yang tepat bisa menjadi pengobatan untuk kesehatan mental maupun fisik. Jadi tak ada salahnya melakukan self healing lewat lagu.

Dokter bedah memutar daftar lagu favorit sebelum melakukan operasi. Seorang ayah mengayunkan bayinya untuk tidur mengikuti irama paduan suara Beatles. Seorang remaja muncul di headphone di bus perjalanan pulang dari sekolah.

Terapi musik adalah bagian alami dari kehidupan, dan penelitian terbaru menemukan bahwa itu dapat memberikan manfaat yang luar biasa. Dikutip dari Nwaonline, inilah cara menerapkan lagu sebagai self healing dan manfaat yang bisa kita terima.

Manfaat self healing lewat lagu

Lagu Rehat dari Kunto Aji, alternatif self healing

Penelitian Indian Journal of Palliative Care tahun 2016 menemukan bahwa pasien kanker di rumah sakit lebih tenang saat medengarkan musik ringan setidaknya selama 20 menit. Berbeda dengan pasien yang tidak mendengarkan musik ternyata mengalami kecemasan. Uniknya, ketenangan ini bertahan sampai tiga hari setelah mendengarkan.

Baca juga: Penyanyi yang jadikan patah hati sebagai inspirasi lagu

Manfaat medis dari musik tidak berhenti di situ. Studi telah menemukan bahwa musik dapat meningkatkan detak jantung bayi prematur. Lagu juga mengurangi kecemasan sebelum operasi pada tingkat yang lebih konsisten daripada beberapa obat. Secara tak langsung, lagu juga membantu meringankan rasa sakit dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Cara menyusun terapi musik

Dengan begitu banyak manfaat kesehatan, terapi musik layak untuk dimasukkan ke dalam kehidupan sehari-hari. Cara memanfaatkan lagu sebagai self healing, ini caranya.

Pertama, buat daftar putar berdasarkan suasana hati. Tempo yang lebih cepat membuat jantung berdegub lebih cepat. Daftar putar lagu harus secara bertahap menggerakkan suasana hati yang Kamu inginkan. Misalnya, beat cepat untuk menaikkan mood untuk pekerjaan yang berulang-ulang.

Baca juga: Rekomendasi serial self healing

Kedua, untuk relaksasi atau pengurangan stres, dengarkan musik tanpa kata-kata sehingga imajinasi lebih bebas. Musik klasik atau gamelan Jawa lebih tepat dimanfaatkan saat seperti ini. Kalau Kamu tak memahami bahasa Korea, lagu pengiring drakor bisa menjadi pilihan.

Saat sedih, dengarkan lagu yang mempunyai syair dan instrumen menenangkan. Syair yang menguatkan akan memperbaiki emosi dan perasaan tertekan. Untuk individu yang mencari bantuan tanpa langsung beralih ke obat-obatan, opsi ini dapat membantu mengembalikan tubuh dan pikiran.

Apapun genrenya, lagu favorit tetap terbaik

Terapi musik memerlukan pengenalansifat pribadi lewat berbagai lagu. Penelitian tahun 2013 yang diterbitkan di Progress in Palliative Care, terapi musik di Singapura menunjukkan pasien mudah terbantu lewat musik favorit. Satu jenis lagu belum tentu berdampak sama pada semua pasien.

Musik bersifat pribadi karena lagu terhubung dengan ingatan, bahkan ingatan emosional bawah sadar. Saat mendengarkan musik untuk tujuan terapeutik, pilih lagu yang menarik dan berhubungan denganmu, bukan yang sama sekali asing. Ini dapat membantu Kamu menghubungkan suasana hati dengan kesan yang baik dari masa lalu.

Spread the love

One thought on “Ketahui Self Healing Lewat Lagu, Mau Mencoba?

  1. Ketahui Social Exhaustion, Lelah Sosial dan Pencegahannya
    January 31, 2022 at 9:47 am

    […] Baca juga: Ketahui self healing lewat lagu, mau mencoba? […]

Comments are closed.