081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Ketahui Ragam Macam Cake

Ketahui Ragam Macam Cake

Haidiva.com-Cake, kebanyakan orang menggeneraslisasikannya dengan nama kue bolu. Padahal, cake mempunyai banyak ragam macam berdasarkan tekstur dan teknik pembuatannya.

Sponge Cake

Cake macam ini bertekstur lembut dan ringan. Karena pori-porinya mirip spons, roti ini disebut sponge cake. Uniknya lagi, tekturnya yang mirip spons ternyata juga kembali ke bentuk semula saat ditekan. Bahan utamanya adalah telur, gula, tepung terigu, dan mentega. Contoh sponge cake yang sering dimakan masyarakat Indonesia adalah Lapis Surabaya dan bolu gulung.

Butter Cake

Tekstur dan bentuk cake macam ini kokoh sering dijadikan kue dekorasi. Dibandingkan sponge cake, roti ini lebih banyak mengandung mentega. Baking powder digunakan agar lebih mengembang. Jangan mengonsumsi cake ini saat kondisi dingin karena mentega didalamnya akan mengeras. Contoh butter cake adalah fruit cake.

Chiffon Cake

Kue bolu ini super lembut dan ringan. Pembuatan cake lebih rumit dibanding yang lain, yakni menggunakan minyak bukan mentega agar tekstur tetap ringan. Teksturnya diperoleh setelah mengocok putih telur hingga mengembang agar lebih bervolume. Hampir semua chiffon cake dibuat di loyang yang berlubang tengahnya. Tujuannya agar cake tak lekas mengempis. Contoh cake ini tentu saja kue pandan chiffon.

Dirrect Method Cake

Pembuatan cake macam ini lebih mudah dibanding kue lain namun rasanya tentu tak kalah nikmat. Cake ini dibuat tanpa menggunakan mixer sehingga adonannya lebih padat. Bahannya tak jauh berbeda dengan jenis lain  yakni tepung, gula, telur, dan lemak yang bisa diambil dari mentega atau minyak. Contoh bolu macam ini adalah brownies dan carrot cake.

Nah Diva, kalau kamu suka cake yang mana? Setelah membuatnya, boleh lho dikirim ke Haidiva biar bisa diicip-icip sebelum ditulis. (ndr)

Spread the love

One thought on “Ketahui Ragam Macam Cake

  1. Waktu yang Tepat Makan Pie
    July 29, 2020 at 10:02 am

    […] Baca juga: Ragam Macam Cake  […]

Comments are closed.