Kenali Mood Perempuan Berdasarkan Siklus Bulanan

Kenali Mood Perempuan Berdasarkan Siklus Bulanan

Haidiva.com-Umumnya, perempuan mengalami siklus kesuburan selama 28 hari, mulai awal menstruasi hingga bertemu lagi di periode selanjutnya. Nyatanya, siklus ini tak hanya berpengaruh pada kondisi fisik perempuan tetapi juga mood atau emosinya. Semua itu diakibatkan oleh hormon esterogen, testosteron, dan progesteron yang ada di tubuh perempuan.

Hormon esterogen adalah hormon seks perempuan. Ingat ya, seks bukan berarti hubungan badan tapi jenis kelamin identik. Hormon ini ada di tubuh laki-laki dan perempuan namun kandungannya jauh lebih tinggi pada perempuan. Lawan dari hormon esterogen adalah testosteron.

Sedangkan hormon progesteron adalah hormon yang mempengaruhi kehamilan. Akun Youtube Glamour mengeluarkan video sepanjang dua menit yang menggambarkan kondisi mood perempuan dalam satu siklus berdasarkan pengaruh tiga hormon tersebut.

Hari pertama dan kedua menstruasi, hormon estrogen pada perempuan berada pada posisi yang rendah sehingga ia sering kelelahan. Tejadi kontraksi di rahim sehingga perut terasa kram. Mood menjadi tak karuan karena merasa tak nyaman. Untuk mengurangi rasa sakit, lakukan olah raga ringan.

Pada hari 3-5, perempuan mengalami akhir masa menstruasi. Hormon estrogen mulai meningkat. Seiring dengan bangkitnya energi dan mood menjadi positif, kamu akan mulai optimistis menjalani aktivitas sehari-hari. Nah, ini waktunya yang tepat melakukan olah raga yang lebih berat.

Hari ke 6-9, hormon estrogen mulai stabil sehingga wajahmu terlihat simetris, kulitmu lebih glowing. Dengan estrogen yang memuncak, semangatmu sedang tinggi-tingginya sehingga pekerjaan dan lingkungan terasa mendukung. Karena mood baik mulai terbit, waktu yang tepat untuk menelurkan ide-ide cemerlang.

Hari ke 10-13, puncak hormon estrogen sehingga kamu terlihat lebih seksi. Mood positif berada di puncak sehingga kamu menjadi lebih ceria dan kehidupan sosial terasa sangat menyenangkan. Bagi yang ingin program hamil, ini adalah waktu yang tepat melakukan pembuahan karena ovulasi puncak akan berlangsung di hari ke 14.

Bila pembuahan tidak berhasil, moodmu akan tiba-tiba berubah di hari ke 15-18. Hormon mengubah mood mulai ke arah negatif dan kamu akan merasa kelelahan. Hari ke 19-22, hormon esterogen menurun, sebaliknya hormon testosteron dan progesteron meningkat. Wajahmu tiba-tiba lebih berminyak. Kalau perawatan kulitmu tak tepat, awas breakouts! Masa ini juga waktu yang tepat untuk makan-makanan sehat yang seperti sayuran atau buah-buahan.

Hari ke 23-25, tingginya hormon progesteron akan menyembabkan perut kembung sehingga mood makin memburuk, tak punya hasrat, hingga malas melakukan apapun. Kamu pun lebih lesu dibanding hari-hari sebelumnya. Fase ini sering kita sebut sebagai PMS atau pre menstruasi syndrom.

Hari ke 26-28, ini saatnya kamu rajin berolah raga meski payudara terasa kebas. Hindari minum kafein, mengurangi gula, dan banyak minum air putih agar kamu siap menghadapi fase menstruasimu kembali.

Nah Diva, sekarang kamu sudah tahu olah raga dan makanan yang tepat di hari-hari tertentu untuk memperbaiki mood negatif dan mempertahankan tetap positif. (ndr)

Spread the love

1 thought on “Kenali Mood Perempuan Berdasarkan Siklus Bulanan

Comments are closed.