Kena Corona, Masih Boleh Menyusui Bayi?

Kena Corona, Masih Boleh Menyusui Bayi?

Haidiva.com-Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization mengeluarkan tanya jawab untuk ibu hamil, melahirkan, dan menyusui. Ternyata, ibu yang positif terkena virus corona atau covid-19 masih diperbolehkan menyusui secara eksklusif. Tujuannya agar bayi tetap bisa berkembang dengan baik. Tapi pastikan, cara menyusui bayi dengan aman dan nyaman.

“Praktikan kebersihan pernafasan selama menyusui, gunakan masker,” begitu tulis WHO di laman resminya.

WHO juga menyarankan ibu menyusui dan keluarganya yang terkena corona memaastikan sudah cuci tangan sebelum dan setelah menyentuh bayi. Selain itu, juga rutin membersihkan dan membasmi kuman apapun barang yang telah mereka sentuh.

Dengan cara ini, ibu menyusui tak hanya bisa menyusui bayi dengan cara aman tetapi mereka juga bisa menyentuh bayi yang baru lahir dari kulit ke kulit. Bahkan mereka diperbolehkan berbagi ruangan yang sama dengan buah hati.

Bila kondisi ibu yang terkena corona terasa tak sehat, WHO menyarankan tetap menyusui bayinya sebisa mungkin. Caranya dengan memerah susu, relakstasi, dan mendapatkan donor asi. Dukungan suami dan anggota keluarga lain tetap diperlukan untuk menjaga ibu dan bayi tetap sehat.

“Sampai saat ini, tidak ditemukan air susu yang mengandung virus Covid-19 meski keadaan ibu menyusui dalam keadaan sakit,” tulis WHO.

Nah Diva, tak usah khawatir dengan kesehatan bayi saat menyusui. Tetaplah menyusui dengan cara yang aman.**

Spread the love