081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Kebiasaan Sehat yang Baik Dimulai di 2022

Kebiasaan Sehat yang Baik Dimulai di 2022

Haidiva.com-Tahun baru 2022 sebaiknya dimulai dengan resolusi dan kegiatan positif. Mumpung masih di bulan Januari, tak ada salahnya kita memulai kebiasaan sehat setiap hari.

Olahraga rutin

Young woman in Barcelona sports training

Olahraga sebaiknya dilakukan 150 menit setiap pekan. Gerak fisik ini memperbaiki metabolisme, daya tahan tubuh, dan mencegah obesitas. Beberapa olahraga dipercaya untuk menjaga kesehatan organ dalam seperti gerakan kardio yang baik untuk jantung.

Mulailah olahraga sederhana seperti berjalan kaki atau bersepeda. Setelah terbiasa, angkat beban dapat meningkatkan kinerja otot. Bila bosan, ganti dengan olahraga permainan yang melibatkan lebih dari satu orang seperti badminton, tenis meja, maupun sepak bola.

Baca juga: Ketahui kebiasaan buruk pengganggu tidur

Tidur berkualitas

Tidur sebaiknya 7-9 jam setiap hari. Hindari begadang untuk alasan yang tidak penting seperti maraton drama Korea, hiburan malam. Bila kesulitan waktu, tak ada salahnya mencuri kesempatan barang 5-10 menit untuk tidur di sela istirahat siang.

Tidur cukup dan berkualitas mempunyai banyak manfaat. Bagi fisik, tidur dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengontrol kadar gula darah, menjaga berat badan tetap ideal, dan memperkuat kesehatan jantung. Sedangkan bagi mental, tidur dapat meningkatkan konsentrasi dan memperbaiki suasana hati.

Jaga kebersihan

Banyak kuman dan virus penyakit yang bisa dicegah dengan menjaga kebersihan. Karena itu, pastikan tetap mandi, sikat gigi dua kali sehari. Seringlah mencuci tangan sebelum dan setelah beraktivitas bahkan saat di rumah saja.

Baca juga: Alat rumah tangga yang bantu hidupmu lebih sehat

Ihwal kebersihan rumah, menggunakan disinfektan untuk mengepel dan membersihkan perabotan sangat dianjurkan. Jangan lupa, rutin membersihkan barang yang sering dipakai seperti hanphone maupun laptop.

Perhatikan gizi makanan

Stir fry vegetables frozen in plastic container, roasted chicken and veggies. Healthy freezer food in tray.

Setiap tubuh mempunyai kebutuhan nutrisi masing-masing, tergantung aktivitas maupun usia. Agar aktivitasmu lancar, perbanyak konsumsi buah dan sayur serta protein tinggi.

Pilih sumber makanan segar daripada makanan berproses. Makanan proses beku seperti sosis, nuget, dan bakso memang terlihat lezat dan praktis. Namun, banyak kandungan gizi yang telah terbuang selama pembuatan.

Baca juga: Tips glamping, kemah nyaman bersama keluarga

Istirahat dan berlibur

Penyakit bisa muncul dari pikiran karena tekanan pekerjan. Karena itulah, lakukan istirahat dari pekerjaan beberapa waktu setiap hari. Misalnya saat istirahat siang gunakan untuk tidur atau ngobrol santai dengan teman.

Tak ada salahnya mengambil cuti untuk mengurai kepenatan pikiran. Sesekali, hindari media sosial untuk menjaga kesehatan mental.

Merawat tubuh

Skincare/stocksy

Merawat tubuh artinya tidak hanya dari tampak luar tetapi juga dalam. Rutin melakukan pengecekan kesehatan seperti kadar kolesterol, gula darah, dan tekanan darah bermanfaat untuk mengetahui kondisi tubuh. Kemudian, dukung dengan makanan dan aktivitas fisik sesuai kebutuhan.

Tak hanya itu, merawat tubuh juga bisa dengan penggunaan skincare dan bodycare. Misalnya rajin menggunakan tabir surya meskipun di rumah saja.

Spread the love