Kebiasaan Buruk Pakai Skincare yang Malah Rusak Kulitmu

Kebiasaan Buruk Pakai Skincare yang Malah Rusak Kulitmu

Haidiva.com-Pakai skincare adalah syarat mutlak bila kamu ingin menghindari masalah kulit seperti jerawat, kusam, flek hitam, hingga penuaan dini. Namun pakai skincare saja tak cukup kalau kamu masih mempertahankan kebiasaan buruk yang justru merusak kulit.

“Selama 40 tahun sebagai dokter kulit, saya pastikan bahwa 90 persen bekas jerawat muncul karena kebiasaan memencet,” kata pakar dermatologi Loretta Ciraldo saat dikutip dari cosmopolitan.com.

Selain itu, berikut kebiasaan buruk pemakaian skincare yang justru merusak wajahmu.

Over Exfoliating

Exfoliating bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel baru. Namun bila terlalu berlebihan, kata dr Loretta, justru akan mengeritasi kulit sehingga menjadi kering dan kemerahan.

“Bagi kulit berminyak, proses ini justru menyebabkan produksi minyak berlebih untuk menebus kelembaban yang hilang,” kata dr Loretta. Ia menyarankan proses eksfoliasi sekali sepekan dengan gosokan yang lembut.

Baca juga: Lama produk skincare bekerja

Tidur kurang dari 8 jam

Alih-alih melakukan 10 step perawatan kulit yang memakan waktu lama, dr Loretta lebih menyarankan untuk tidur cukup. Cukup tidur 8 jam dengan cahaya redup dapat mempertahankan kelembapan wajah dan merangsang regenerasi kulit.

“Kalau tak percaya, coba selfie saat kondisi tidur kurang dengan yang cukup 8 jam. Lihat perbedaanya,” ujar dr. Loretta.

Lupa mencuci wajah sebelum tidur dan tak pakai tabir surya 

Lupa mencuci muka sebelum tidur menyebabkan masalah buruk bagi pori-pori wajah. Loretta menyarankan segera mencuci muka setela makan malah sebelum kita terlalu ngantuk dan lelah.

Begitu pula dengan tabir surya. Meskipun pandemi COVID-19 menyebabkan kita sering berada di rumah, jangan lupa untuk memakainya setip hari. Alasannya karena sinar matahari sering masuk dari jendela atau kita keluar untuk urusan seperti membuang sampah, menerima paket, dan lain sebagainya. Meski sebentar, tetap saja terkena cahaya matahari.

Baca juga: Pentingnya Pakai Skincare di Rumah Saja

Terlalu sering mandi air panas

Mandi air panas memang terasa nikmat. Tapi ingat, suhu ini akan membuat kulit kita kering dan menjadi lebih sensitif. Menurut Loretta, air panas akan menyebabkan aliran darah ke kulit sehingga menyebabkan ruam merah.

“Ini juga memperburuk area jerawat dan menyebabkan radang,” kata dr Loretta.

Terlalu banyak menggunakan produk skincare

Terlalu banyak menggunakan produk perawatan kulit justru malah tak efektif. Penyebabnya karena kita sulit menentukan mana produk yang benar-benar bermanfaat dan sebaliknya yang justru malah merusak kulit. Skincare yang menumpuk justru sulit diserap oleh kulit. Alih-alih menggunakan 10 atau bahkan 20 langkah, Loretta menyarankan fokus pada 3-5 produk skincare tiap hari.

“Gunakan beberapa pekan untuk melihat apakah produk itu benar-benar efektif, jangan gonta ganti sinkcare,” kata Loretta.**

Baca juga: Cara melakukan diet skincare

Spread the love