Interior Rumah Murah Ramah Lingkungan

Interior Rumah Murah Ramah Lingkungan

Haidiva.comGreen interior bukan berarti nuansa warna hijau, melainkan ruangan yang sehat untuk ditinggali. Mewujudkan desain interior rumah ramah lingkungan sering kali dianggap harus merogoh kocek dalam-dalam. Padahal tidak. Kamu bisa membuat desain interior ramah lingkungan semurah desain biasa. Perhatikan kiat berikut ini.

Bukaan di Dalam Rumah

Sebelum mendesain ruangan, perhatikan berapa luas bukaan yang ada di rumah. Bukaan berarti pintu, jendela yang bisa dibuka, ventilasi, skylight, dan semua bukaan yang menghadirkan sirkulasi udara lancar di dalam rumah. Bukaan ini berfungsi untuk menghemat penggunaan AC dan cahaya matahari dapat masuk di siang hari sehingga hemat listrik.

Pasang skylight di kamar mandi untuk menghindari perkembang biakan bakteri dan agar tak terkesan lembab. Buat inner courtiyard aliastaman di dalam rumah. Lokasi taman sebaiknya di dekat dapur sehingga bisa menyerap panas dan asap masakan.

Baca: Kesan Luas di Lahan Rumah Terbatas

Sedikit furniture

Jangan tergoda dengan pernak-pernik lucu penghias ruangan atau aneka furniture pelbagai gaya. Pakai yang hanya seperlunya agar ruangan tak terlihat sesak. Letakkan sofa di dekat jendela agar terkena cahaya alami matahari. Memang membuat warna sofa cepat pudar, tapi itu lebih baik daripada lembab dan menyimpan bakteri serta jamur.

Pilih furnitur yang minim detail, misalnya sofa tanpa kancing, pintu tanpa ukiran, perabotan langsing bila kamu tak rajin membersihkan. Tujuannya agar perabotanmu tidak menyimpan debu.

Pakai Cat Non Toxic

Hampir semua cat untuk dekorasi dalam interior menggunakan volatile organic compounds (VOC) alias mengandung bahan kimia yang menguap soal proses pengecatan berlangsung. Pada suhu panas, VOC sering menguap meski pengecatan telah lewat beberapa pekan. Ada beberapa merek cat yang tak mengandung VOC tapi harganya lebih mahal.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa menggunakan gaya unfinished untuk tembok dalam rumah atau wallpaper. Jika tetap memilih menggunakan cat tapi khawatir dengan budget membengkak, terapkan hanya pada ruangan tertentu sehingga lebih hemat.  

Tambahkan Tanaman Hijau

Hijau tanaman akan menyegarkan mata tapi kamu mesti rajin menyiramnya. Letakkan tanaman di sudut ruangan dan dekat jendela agar terkena sinar matahari dan tak menghalangi jalan. Pilih tanaman yang tak berdaun rimbun karena justru akan membuat ruangan sesak.

Material Daur Ulang

Meja yang terbuat dari pintu bekas, pot yang berasal dari botol minuman, atau sarung bantal duduk dari kaos lama memberi aksen menarik pada desain. Selain itu, ini juga menunjukkan bahwa kamu peduli dengan lingkungan dengan tak banyak membuang sampah. Nah, gampang kan?**

Spread the love

1 thought on “Interior Rumah Murah Ramah Lingkungan

Comments are closed.