Gaya Hidup Minimalis, Atasi Masalah Keuangan

Gaya Hidup Minimalis, Atasi Masalah Keuangan

Haidiva.com- Gaya hidup minimalis adalah gaya hidup yang serba sedikit, termasuk sedikit masalah keuangan seperti utang dan pengeluaran tak perlu. Tapi apakah sampai kita menyingkirkan barang-barang yang menyenangkan? Bagi banyak pelaku minimalis, filosofinya adalah menyingkirkan barang-barang yang berlebih dan menggunakan sesuai kebutuhan.

Berdasarkan laman Moneyunder30, gaya hidup minimalis mempunyai banyak keuntungan. Misalnya seperti bebas dari kekhawatiran finansial, menyingkirkan hal yang mubazir, membelanjakan uang untuk pengalaman bukan barang, lebih bahagia dan tak stress, peduli lingkungan, mengembangkan hubungan dengan orang lain lebih baik.

Nah kali ini, mari bahas mengenai tips gaya hidup minimalis agar mendapatkan manfaat seperti di atas.

Baca: Awas Inflasi Gaya Hidup

Singkirkan Barang yang Tak Dibutuhkan

Jujur, kita sering membeli barang yang tak dibutuhkan hanya karena lapar mata. Ini tentu tak sesuai dengan gaya hidup minimalis. Pelaku hidup minimalis hanya membeli barang yang dibutuhkan. Jika di dalam rumah ada barang yang tak digunakan, mending diuangkan saja.

Pakar gaya hidup minimalis Joshua Fields Millburn dan Ryan Nicodemus memberi trik apabila barang itu sama sekali tak pernah digunakan selama 90 hari, lebih baik disingkirkan. Bila masih bagus, jual dan kamu akan mendapatkan tambahan uang dari benda tersebut.

Pilih Rumah Mungil

Jika hanya memiliki barang sedikit, sebaiknya membeli rumah kecil dan minimalis. Ini tentu menjadi langkah penghematan besar. Kita terhindar dari pengeluaran listrik, kebersihan, atau bahkan beli perabotan untuk mengisi rumah. Untuk pasangan pengantin baru, rumah type 36 tentu sudah lebih dari cukup.  

Kurangi Pengeluaran yang Tak Perlu

Biaya catering, langganan streaming, asuransi atau cicilan mobil yang jarang dipakai, ngopi cantik di café setiap akhir pekan. Less is more! Gunakan paket data yang lebih murah bila telah ada internet di rumah. Kalau lebih suka nonton streaming, yakin butuh televisi?

Gunakan hanya satu kartu kredit, dan hanya untuk kebutuhan darurat bukan gaya hidup. Cukup miliki dua rekening bank, satu untuk tabungan dan yang lain transit biaya hidup. Jangan miliki rekening lebih dari dua bank karena uangmu bakal tergerus biaya admin.

Baca: Menyiapkan Dana Pensiun

Hati-hati Saat Membeli Makanan

Jangan segan membungkus sisa makanan di restoran kalau masih ada sisa. Makanan ini bisa kamu simpan atau panaskan untuk dimakan di waktu lain. Perhatikan masa simpan atau expired date setiap makanan yang kamu beli. Memasak sendiri tentu sangat dianjurkan tapi hitung pula pengeluaran saat memasak sendiri atau membeli. Pilih yang lebih hemat.

Tinjau Kembali Biaya Sosial

Bertemu kawan, makan bersama, menjamu klien, tentu membutuhkan pengeluaran sendiri. Alternatif bersosialisasi dengan kawan adalah  saling berkunjung di kediaman masing-masing, potluck party misalnya. Kalau menjamu klien, tagihkan saja ke kantor.

Utamakan Kualitas Barang Bukan Kuantitas

Barang yang berkualitas tentunya mempunya masa penggunaan lebih panjang sehingga jatuhnya lebih hemat. Kamu juga bisa memilih item fashion yang netral sehingga bisa digunakan untuk banyak kesempatan.**

Spread the love

1 thought on “Gaya Hidup Minimalis, Atasi Masalah Keuangan

Comments are closed.