081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Film Horor Indonesia, Rekomendasi Seram di Halloween

Film Horor Indonesia, Rekomendasi Seram di Halloween

Haidiva.com– Setelah hadirnya ‘Pengabdi Setan’, semakin banyak film horor Indonesia yang digarap serius. Tayangan seram ini tak banyak lagi mengandalkan gimmick tubuh perempuan atau cerita dan judul menyerempet porno.

Film horor Indonesia sekarang fokus pada ide cerita menegangkan, jumpscare mengejutkan, hingga suara musik mendukung. Alhasil, banyak aktor kelas A mau terlibat dalam pembuatan film horor. Jadi, pecinta film pun tak lagi memandang sebelah mata film seram.

Berikut ini, rekomendasi daftar film horor Indonesia yang bisa ditonton di malam halloween. Seram dan menegangkan.

Pengabdi Setan

Film Horor Indonesia, Rekomendasi Seram di Halloween

Pengabdi Setan mematahkan stigma kalau film horor akan sulit mendapatkan penghargaan. Nyatanya tidak. Film buatan Joko Anwar ini memenangkan 7 penghargaan di Festival Film Indonesia dari 13 nominasi. Tayangan ini sendiri merupakan remake film tahun 1980 dengan judul yang sama.

Berkisah tentang keluarga 4 anak. Sang ibu, Mawarni Suwono (Ayu Laksmi) mantan penyanyi terkenal. Ia jatuh sakit, membutuhkan biaya hingga menyebabkan jatuh miskin. Keempat anaknya, Rini (Tara Barso), Tony (Endy ARfian), Bondi (Nasar Annuz), dan Ian (Muhammad Adhiyat) berbagi peran rumah tangga sembari merawat ibunya. Sementara sang ayah (Bront Palarae), sibuk mencari tambahan uang.

Baca juga: Film Indonesia mind blowing, sebagian buatan Joko Anwar

Ibu kemudian meninggal. Masalah muncul ketika ibu datang menghantui dan ingin mengajak salah satu dari mereka. Pemuka sekte sesat pun sering melihat mereka dari jauh. Keluarga ini katanya akan berhasil menghalau setan ibu dan hantu lainnya kalau kompak.

Kafir: Bersekutu dengan Setan

Film Horor Indonesia, Rekomendasi Seram di Halloween

Kebahagiaan keluarga rusak ketika Herman(Teddy Syach), sang ayah, meninggal mendadak karena santet. Herman meninggalkan istrinya, Sri (Putri Ayudya), dan kedua anaknya, Andi (Rangga Azof) dan Dina (Nadya Arina). Andi kemudian mengajak Hanum (Indah Permatasari) ke rumah untuk merawat ibunya yang trauma.

Namun persoalan tak selesai begitu saja. Kondisi Sri semakin parah hingga mempunyai gejala yang mirip seperti Herman. Keluarga ini kemudian meminta bantuan dari dukun Jarwo (Sujiwo Tejo). Tapi masalah santet tak kunjung selesai.

Meski sama-sama menyertakan Sujiwo Tejo sebagai dukun, cerita film ini tak ada hubungannya dengan film ‘Kafir’ tahun 2002. Jadi, masih bisa dinikmati tanpa harus menonton film pertama.

Baca juga: Film komedi horor Asia, seram sekaligus lucu

Sebelum Iblis Menjemput

Film Horor Indonesia, Rekomendasi Seram di Halloween

Seperti khasnya film buatan Timo Tjahjanto, Sebelum Iblis Menjemput merupakan tontonan sadis dan juga seram. Ada bacokan dan darah di mana-mana jadi jangan menonton bersama anak di bawah umur.

Bercerita tentang Lesmana (Ray Sahetapy) yang menumbalkan istrinya (Kinaryosih) untuk mendapatkan kekuasaan. Anak mereka, Alvi, ditinggalkan begitu saja. Setelah dewasa, Alvi (Chelsea Olivia) menemui ayahnya yang sedang sekarat. Ia bertemu dengan ibu tiri bernama Laksmi (Karina Suwandi) dan saudara tiri, Maia (Pevita Pearce), Reuben (Samo Rafael), dan Nara (Hadijah Shahab).

Mengetahui Lesmana masih mempunyai satu vila di puncak, Laksmi dan anak-anaknya bergegas mengamankan namun kedahuluan Alvi. Mereka bertengkar hingga ada iblis yang menghentikan pertengkaran lewat teror dan pembunuhan.

Sunyi

Film Horor Indonesia, Rekomendasi Seram di Halloween

‘Sunyi’ merupakan adaptasi dari film Korea Selatan berjudul Whispering Corridors. Mengangkat tema perundungan dan diperankan tokoh muda, ‘Sunyi’ tetap menyeramkan.

Baca juga: Film horor slasher Indonesia, ada karya Timo dan Kimo

Kisahnya tentang Alex (Angga Yunanda) yang menjadi siswa kelas 1 SMA Abdi Bangsa. Di sekolah ini, senioritas ditegakkan sehingga siwa baru sering mengalami perundungan fisik dan psikis. Alex pun demikian, ia dijadikan budak oleh kakak kelas.

Tak hanya diperbudak, Alex pun sering melihat ketiga hantu penunggu sekolah. Tentu saja membuat Alex kesal dan frutasi. Saat mengalami frustasi, Alex tertarik dengan Maggie (Amanda Rawles), sesama siswa kelas 1. Mereka menjadi dekat. Kemudian, satu per satu orang yang merundung Alex tewas.

Ratu Ilmu Hitam

Film Horor Indonesia, Rekomendasi Seram di Halloween

Seperti Timo yang sering mengandalkan kesadisan, Kimo Stamboel membuat hal yang serupa saat menyutradarai film Ratu Ilmu Hitam. Kali ini, Kimo bekerja sama dengan Joko Anwar sebagai penulis skenario. “Ratu Ilmu Hitam” diadaptasi dari film berjudul sama keluaran 1981.

Hanif (Ario Bayu) membawa Nadya (Hannah Al Rashid), istrinya, dan ketiga anak mereka ke panti asuhan tempatnya dibesarkan. Pengasuh panti itu, Pak Bandi (Yayu Unru) yang sudah sangat tua dan sakit keras. Dua sahabat Hanif saat tinggal di panti, Anton (Tanta Ginting) dan Jefri (Miller Khan) juga datang dengan keluarga mereka.

Mereka bermalam di panti asuhan itu untuk memberikan penghormatan terakhir buat orang yang telah mengasuh mereka sejak kecil. Satu per satu mengalami keganjilan mengerikan. Seseorang yang dengan dosa mereka telah mereka bentuk menjadi Ratu Ilmu Hitam. Teror pun dimulai.

Spread the love