Festival Unik di Sudut Indonesia

Festival Unik di Sudut Indonesia

Haidiva.com-Sudah ada rencana berlibur ke mana tahun depan? Kementerian Pariwisata telah menetapkan 10 acara wisata unggulan sepanjang tahun 2020. Penentuan tersebut berdasarkan tiga kriteria, yaitu nilai kreativitas (cultural creative values), nilai komersial dan nilai komunikasi acara (commercial communication values), serta komitmen kepala daerah dalam pengembangan pariwisata (CEO Commitment).

Selain karena acaranya, 10 tujuan wisata tersebut juga dikenal dengan wisata alam budaya yang menarik. Yuk, kita simak acara yang bisa dikunjungi tahun depan.

1.Pesta Kesenian Bali ke-42

kabartravel.com

Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-42 pada tahun 2020 akan mengangkat tema ‘Atma Kertih: Penyucian Jiwa Paripurna’. Atma Kertih yang dimaknai sebagai Penyucian Jiwa Paripurna diharapkan menjadi subjek eksplorasi untuk semua materi Pesta Kesenian Bali ke-42.

Pesta Kesenian Bali  menjadi wadah aktivitas dan kreativitas para seniman untuk berupaya mendukung program pemerintah dalam hal penggalian, pelestarian, dan pengembangan nilai-nilai seni budaya Bali. Acara ini akan berlangsung akhir Juni hingga Agustus 2020.

2.Jember Fashion Carnaval (JFC)

travel.kompas.com

Bagi pecinta pageant atau kontes kecantikan internasional, JFC bukanlah nama asing karena seniman yang ada di sini lah yang berkonstribusi membuat national costume bagi perwakilan kita. Festival ini diprakarsai oleh almarhum Dynand Fariz yang juga pendiri JFC Center. Karnaval ini diisi dengan beragam pameran fashion dan kebudayaan sepanjang lebih dari tiga kilometer. Tahun 2020, JFC akan digelar di bulan Agustus.

3.Banyuwangi Ethno Carnival

cnnindonesia.com

Serupa dengan JFC, BEC menyuguhkan berbagai busana etnik. Bedanya budaya yang diangkat hanya khusus Jawa, Madura, Bali, Padalungan, dan Osing. Campuran budaya ini menampilkan kostum yang menarik. Karnaval ini juga disertai alunan suara dan gerak Gandrung Sewu yang menjadi ikon Kabupaten Banyuwangi. Karnaval ini dilaksanakan sepanjang jalan sehingga orang-orang dapat menikmatinya. Kosongkan jadwalmu di akhir Juli kalau ingin menyaksikan secara langsung.

4.Art Jog

travelingyuk.com

Sebuah festival internasional di Yogyakarta yang terdiri dari pameran dan pasar seni rupa kontemporer. Acara yang digelar tahunan di Taman Budaya Yogyakarta ini mempertemukan seniman dari dalam dan luar negeri. Sampai jumpa di Art Jog tahun depan, 23 Juli-30 Agustus 2020.

5.Sanur Village Festival

triptrus.com

Bali mempunyai sejuta pertunjukan yang menarik wisatawan. Bahkan nelayan pun tak mau kalah dalam menunjukan atraksinya. Sanur Village Festival berisikan gabungan dari kegiatan berskala besar yang menyangkut pameran ekonomi kreatif, makanan, atraksi seni budaya, musik, berbagai kontes dan lomba. Beberapa kegiatan yang diselenggarakan tiap tahun dalam SVF di antaranya, festival layang-layang, Sanur Creative Expo, parade budaya, kompetisi jukung , dialog budaya, sanur run, Sanur Village Cycling Tour, aksi untuk bumi, music and art performance. Di tahun depan, festival ini bakal berlangsung pada 21-25 Agustus 2019.

6.Iron Man 70.3 Bintan

pesona.travel

Iron Man 70.3 Bintan merupakan event sport tourism berskala internasional yang digelar di Bintan, Kepulauan Riau. Pada tahun 2019, acara ini menargetkan 1.200 peserta dari berbagai negara seperti Singapura, Indonesia, Australia, Filipina, Jepang, India, Prancis, dan Amerika Serikat. Semoga tahun depan peserta semakin banyak. Kalau kamu suka berolah raga, 16 Agustus bertolaklah ke Bintan.

7.Borobudur Marathon

tribunnews.com

Acara berlokasi di sekitar Kompleks Taman Lumbini, Kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Pemerintah Jawa Tengah menargetkan event ini menjadi sekala internasional. Bagi pelari pemula, kamu bisa berlatih mulai sekarang karena acara akan berlangsung di bulan November 2020.

8.Java Jazz

kemenpar.go.id

Penggemar musik jazz pastinya tidak akan melewatkan acara ini. Sebuah festival musik jazz terbesar di dunia, menyuguhkan berbagai genre musik jazz. Festival ini menampilkan penyanyi atau band pemula hingga para bintang yang tengah bersinar, serta para legenda musik jazz. Tandai kalandermu di tanggal 28 Februari hingga 1 Maret 2020 karena tiket sudah bisa dibeli dari sekarang.

9.F8  Festival

travel.detik.com

F8 singkatan dari semua potensi kreatif seperti fashion, food, fiction writers and fonts, fine art, folks, fusion music, flora dan fauna, serta film. Acara digelar di Makasar dengan spot yang menarik. Acara biasanya berlangsung di bulan Oktober.

10.Tomohon International Flower Festival 

breakingnews.co.id

Perempuan pecinta bunga, acara ini tak boleh dilewatkan. Acara ini merupakan rangkaian acara seni budaya berskala internasional yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara. Perhelatan yang diselenggarakan di sepanjang Jalan Raya Tomohon ini akan kembali digelar di tahun 2020. (ndr)

Spread the love