081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Etika Wajib Perempuan Keluarga Kerajaan Inggris

Etika Wajib Perempuan Keluarga Kerajaan Inggris

Haidiva.com-Keluarga Kerajaan Inggris tengah menjadi sorotan setelah Duke dan Duchess Sussex, Pangeran Harry dan Meghan Markle, melakukan wawancara dengan Oprah Winfrey. Wawancara mereka mengungkapkan tentang betapa tertekannya Meghan dan Harry atas tuntutan dan etika kerajaan. Terlepas dari itu, Kerajaan Inggris memang mempunyai etika tertentu yang harus dipatuhi oleh semua keluarga kerajaan.

Dikutip dari Reader Diggest, berikut etika yang wajib dipatuhi oleh keluarga Kerajaan Inggris.

Duduklah seperti bangsawan

the duchess slant (Smooth)

Salah satu hal susah dilakukan seorang perempuan keluarga Kerajaan Inggris adalah cara duduk. Mereka tak boleh menyilangkan kaki di lutut. Kaki dan lutut harus rapat meski menyilangkan di pergelangan kaki tidak masalah.

Salah satu pose populer disebut “the duchess slant“, diciptakan oleh Beaumont Etiquette dan dinamai sesuai nama Duchess of Cambridge, Kate Middleton. Posisi duduknya dengan menjaga lutut dan pergelangan kakinya tetap rapat dan memiringkan kakinya ke samping. Itu membuat postur tubuhnya tetap sederhana, sopan, dan membuat kakinya tampak lebih panjang.

Baca juga: Mengenal Lady Louise, cucu perempuan termuda Ratu Elizabeth

Tutupi belahan dada

Cara Lady Di menutupi belahan dada (Daily Mail)

Perempuan Kerajaan Inggris tidak boleh menampilkan belahan dada di depan masyarakat umum. Bila atasan gaun terlalu ke bawah, mereka biasanya menutupi dengan tas atau dompet. Misalnya Putri Diana. Ketika keluar dari kendaraan, dia selalu menaruh tas di dadanya agar dia tidak menunjukkan terlalu banyak belahan dada dan memberi paparazzi kesempatan untuk mengambil foto yang membahayakan.

Kenakan topi di acara formal

Fascinator Meghan Markle (HelloMagazine)

Pada acara formal, perempuan diharapkan selalu mengenakan topi. Ratu Elizabeth biasanya memakai topi bertepi lebar, sedangkan Kate Middleton dan Meghan Markle lebih cenderung memakai topi fascinator.

Tiara di acara seremoni kerajaan

Lover Knot Tiara, mahkota ini hanya Kate yang sering menggunakannya setelah Diana wafat (Daily)

Gaya menggunakan Tiara telah berubah selama bertahun-tahun. Di masa lalu, tiara dikenakan cukup depan di kepala seseorang, tetapi gaya modern lebih ke belakang. Tiara menjadi suatu keharusan di hari pernikahan pengantin kerajaan. Di acara resmi kerajaan, para perempuan kerajaan menggunakan juga tiara yang menunjukkan status mereka.

Baca juga: Rahasia skincare putri Keraton Jawa

Penampilan natural

Sophie, Countess of Wessex, sering disebut sebagai mantu favorit Ratu Elizabeth (purewows)

Selain gaya busana yang dianjurkan warna cerah, penampilan perempuan keluarga Kerajaan Inggris harus nampak terlihat alami dan rapi. Rambut harus rapi dan tidak berantakan. Riasan mata yang diizinkan ialah eyeshadow natural dan maskara yang tak tebal. Lipstik dan polesan kuku hanya boleh yang berwarna nude atau pink natural. Touch up atau memperbaiki riasan tidak boleh dilakukan di depan publik.

Menunduk sesuai protokoler

Curtsy Puteri Charlotte kepada nenek buyutnya menjadi stealer waktu kebaktian bersama keluarga Kerajaan Inggris, pada Natal 2019 lalu (Photo credit should read ADRIAN DENNIS/AFP via Getty Images) Samir Hussein/WireImage; Tim Rooke/Shutterstock; ADRIAN DENNIS/AFP via Getty)

Perempuan keluarga Kerajaan Inggris mempunyai cara menunduk atau curtsy tersendiri. Dengkul mereka tidak perlu mencapai lantai. Cukup letakkan satu kaki di belakang kaki lainnya, tekuk lutut, dan sedikit menundukkan kepala. Semua keluarga harus melakukan curtsy saat pertama kali bertemu Ratu Elizabeth II.

Para perempuan kerajaan ini juga akan menunduk dengan sesama keluarga sesuai protokoleh. Kate Middleton harus memberi curtsy kepada Puteri Beatrice karena dia bukan dari keturunan kerajaan langsung. Tetapi saat Kate bersama Pangeran William, Puteri Beatrice-lah yang harus memberikan curtsy kepada Duchess of Cambridge itu karena dia hadir sebagai pendamping calon raja.

Spread the love