Cryptic Pregnancy, Kehamilan Tanpa Disadari

Cryptic Pregnancy, Kehamilan Tanpa Disadari

Haidiva.com-Viral tentang kisah seorang ibu di Tasikmalaya, Jawa Barat, yang melahirkan satu jam sejak dia menyadari dirinya hamil. Kehamilan tanpa disadari ini disebut dengan cryptic pregnancy atau kehamilan samar. Perempuan yang mengalami cryptic pregnancy tak menyadari bahwa dirinya hamil sampai menjelang kelahiran sang jabang bayi.

“Kebanyakan perempuan memperhatikan gejala kehamilan seperti payudara bengkak dan lunak, mood swing, merasa kelelahan, dan mual sejak trimester awal. Tapi, ketika mengalami kehamilan samar, tak ada kondisi yang membuat seorang perempuan curiga sedang hamil,” kata ahli gizi Debra Sullivan seperti yang dikutip dari Herstory.

Seorang ibu di Tasikmalaya yang mengalami Cryptic Pregnancy

Baca juga: Kisah Pabrik Bayi di Beberapa Negara

Menurut data National Institute of Health, kondisi cryptic pregnancy terjadi pada 1 dari 475 kehamilan. Ilmu medis meklasifikasikan kehamilan samar menjadi dua, psikotik dan nonpsikotik. Psikotik tak merasakan kehamilan karena gangguan kejiwaan seperti skizofrenia maupun bipolar.

Sedangkan non psikotik biasanya karena mengalami kurang kepekaan emosional sehingga tak bisa merasakan gejala kehamilan. Hal ini biasanya terjadi karena sering hamil atau sebaliknya, tidak ingin hamil.

Baca juga: Gangguan Kesuburan Laki-laki Sebabkan Sulit Punya Anak

Sullivan mengatakan kadar hormon yang fluktuatif dalam kehamilan menyebabkan sedikit pendarahan yang dianggap menstruasi. Kegemukan juga menyebabkan perempuan tak merasa kalau sedang mengandung.**

Spread the love