Cegah Corona, Arab Saudi Tangguhkan Layanan Umroh

Cegah Corona, Arab Saudi Tangguhkan Layanan Umroh

Haidiva.com-Pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara layanan Umroh sebagai respon atas wabah Virus Corona atau Covid-19. Informasi penghentian sementara akses masuk warga negara asing yang hendak Umroh dan berkunjung ke Masjid Nabawi di Madinah ini, merujuk maklumat yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi, Kamis, 27 Februari 2020 sekitar pukul 02.40 waktu setempat.

Dilansir dari Antara, hingga pagi tadi, penerbangan ke Arab Saudi masih berjalan normal. “Saat ini dari pantauan kami penerbangan umroh masih berjalan seperti biasa, sambil menunggu keputusan lebih lanjut,” kata Staf Khusus Menteri Perhubungan Adita Irawati dalam keterangannya di Jakarta, Kamis pagi (27/2).

Namun sejak pukul 13.00 WIB, penerbangan ke Arab Saudi ditutup. Dilansir dari detik.com saat ini calon jemaah tertahan di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang. Informasi tersebut dibenarkan Branch Communication Manager Soekarno-Hatta International Airport, Haerul Anwar.

cnnindonesia.com

Haerul menjelaskan penerbangan ke Arab Saudi memang masih berjalan normal pagi tadi. Namun per siang ini penerbangan sudah ditutup. “Kalau tadi sebagian sih sudah ada beberapa slot yang pagi ya berangkat ke Saudi. Cuma terus jam 1 kan, setelah jam 1 siang ini dari sana nggak terima lagi,” ujar Haerul.

Pihaknya belum mengetahui sampai kapan penerbangan ke Arab Saudi ditutup. PT Angkasa Pura II masih menunggu informasi lebih lanjut. Sementara Pemerintah Arab Saudi menyatakan langkah pencegahan virus corona ini bersifat sementara dan akan terus dievaluasi.

Berikut ini daftar negara yang dicegah memasuki ke Arab Saudi untuk sementara waktu: China, Iran, Italia, Korea Selatan, Jepang, Thailand, Malaysia, Indonesia, Pakistan, Afghanistan, Irak, Filipina, Singapura, India, Lebanon, Suriah, Yaman, Azerbaijan, Kazakhstan, Uzbekistan, Somalia dan Vietnam.

Spread the love