081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Cara Mengajari Anak Makan Sayur, Sehat Sejak Kecil

Cara Mengajari Anak Makan Sayur, Sehat Sejak Kecil

Haidiva.com-Tak sedikit anak sulit makan sayur. Padahal, sayur mempunyai nutrisi penting bagi pertumbuhan si kecil. Orang tua mesti pintar mengajari anak makan sayur.

“Mendidik anak untuk terbiasa makan sayur memang tidak mudah bagi sebagian orang. Sebagai orang tua, kita perlu menyiasati sayur dengan semenarik mungkin agar makan sayur terasa nikmat,” kata CEO Mamang Sayur Havid M.

Pola hidup sehat, terutama dalam hal asupan makanan, memang harus dibiasakan sejak dini. Setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh akan sangat berpengaruh pada kualitas kesehatan dan juga imun tubuh yang diperlukan untuk menunjang produktivitas sehari-hari.

Namun, membiasakan makan sehat merupakan suatu tantangan bagi sebagian orang tua, terutama saat membuat anak untuk suka makan sayur. Jika disiasati dengan cara yang tepat, anak akan suka dengan makanan olahan sayur yang menyehatkan.

Baca juga: Hemat uang dan waktu belanja sayur dengan meal prep

Berikut tips menerapkan kebiasaan makan sayur untuk anak ala MamangSayur:

Jus campuran dan buah

Dengan menjadikan jus, sayur akan semakin mudah untuk diterima. Berbagai pilihan sayuran yang dapat dijadikan jus, yaitu brokoli, bit, wortel, seledri, bayam, dan kale. Agar semakin nikmat, kamu dapat mengombinasikan sayur dengan buah yang kaya akan protein atau yoghurt.

Campurkan dengan buah yang memiliki rasa manis agar rasa pahit dari sayur tidak begitu terasa. Salah satunya adalah kombinasi antara pisang dan brokoli. Kamu dapat mengecek Instagram @mamangsayurms atau aplikasi MamangSayur untuk menemukan kombinasi menarik lainnya.

Baca juga: Jus sayur, makanan tepat untuk penderita Covid-19 yang alami anosmia

Hadiah untuk anak yang mau makan sayur

Anak makan sayur (depositphotos)

Tidak kalah penting, berikan apresiasi dalam bentuk pujian atau hadiah setiap kali anak sudah mengonsumsi atau menghabiskan sayur. Hal ini akan membuat anak semakin bersemangat untuk makan sayur kedepannya. Kamu juga bisa sesekali memberikan anak hadiah agar lebih termotivasi lagi.

Dari situlah, mereka akan terbiasa makan sayur secara perlahan sejak dini, bahkan bisa menjadikan sayur sebagai makanan favoritnya. Perlu diingat, jangan berikan makanan tidak sehat sebagai bentuk apresiasi untuk anak.

Kreasikan sayur semenarik mungkin

Sejak kecil, Pangeran William dan Pangeran Harry suka sayur

Banyak orang mengkreasikan sayur agar dapat menambah ketertarikan anak untuk memakan sayur. Salah satu caranya adalah dengan menyajikan sayuran dalam bentuk dan penataan yang unik. Misalnya membuat sayuran menjadi puding, membuat bentuk hewan di atas nasi menggunakan potongan sayuran, serta memotong sayur dengan cetakan khusus agar membentuk pola yang lucu.

Baca juga: Diet vegetarian, banyak makan sayur

Tak hanya itu, Kamu juga bisa menambahkan daging di menu capcay atau menambahkan saus keju pada sayur. Selain menambah rasa penasaran dan selera anak untuk mencicipinya, langkah ini juga dapat meningkatkan kreativitas si kecil ‘lho!

Ganti variasi sayur tiap hari

Stir fry vegetables frozen in plastic container, roasted chicken and veggies. Healthy freezer food in tray.

Supaya anak tidak bosan dan semakin mengenal beragam jenis sayur, ganti pilihan sayur setiap harinya. Hal ini dapat meningkatkan rasa penasaran anak pada sayuran yang mereka konsumsi. Dengan memberikan sayuran yang beragam, kita dapat mengetahui variasi sayur mana yang mereka sukai.

Kini, belanja sayur lebih mudah di MamangSayur dengan persediaan sayuran segar yang beragam, sehingga kamu bisa memberikan menu sayur berbeda untuk si kecil tiap harinya. Itulah empat tips menerapkan kebiasaan makan sayur pada anak ala MamangSayur. Perlu diperhatikan, kualitas sayuran yang baik adalah salah satu kunci utama dalam menerapkan empat tips tersebut.

Spread the love